Manuver Kelompok NPC Berbasis Boids Pengembangan Game Real Time Strategy

  • Yonly Adrianus Benufinit Mahasiswa Program Pasca Sarjana, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya
  • Moch. Hariadi Dosen Pembimbing Program Pasca Sarjana, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya
  • Supeno Mardi S. N Dosen Pembimbing Program Pasca Sarjana, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya

Abstract

Perkembangan teknologi game komputer sekarang  ini semakin bertambah pesat. Non Player Character (NPC) sangat penting dalam pengembangan sebuah game perang berbasis Real Time Strategy (RTS). Untuk itulah sebuah NPC didesain dan diberi teknik Artificial Intelligence (AI) yang sesuai sehingga dapat melakukan manuver secara berkelompok di suatu medan pertempuran. Dalam penelitian ini, perancangan NPC meliputi analisa game, identifikasi perilaku NPC, dan merancang Finite State Machine (FSM) untuk NPC. FSM digunakan untuk menentukan gerak pasukan (Army) yang akan berperang dalam menghadapi Enemy yang diimplementasikan dalam Algoritma Boids, dan simulasi game menggunakan Unity 3D. Penelitian ini menunjukan bahwa kinerja NPC mampu bermanuver secara kelompok.

References

Da Silva A.R., Lages W.A. and Chaimowicz L. Improving Boids Algorithm in GPU using Estimated Self Occlusion.Universidade Federal de Minas Gerais.

Buro M.. Call for AI Research in RTS Ganes. Department of Computing Science, University of Alberta, Edmonton, AB, T6J 2E8, Canada.

Lara-Cabrera R., Cotta C. and Fernandez-Leiva A.J.. A review of computational intelligence in RTS games.

Arif Y.M., Wicaksono A. and Kurinawan F.. Pergantian Senjata NPC pada Game FPS Menggunakan Fuzzy Sugeno. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sainstek UIN Maulana Malik Ibrahim Malang., Jurusan Multimedia SMKN 3 Batu.

Mardi Supeno S.N., Arif Y.M., Hariadi M. and Purnomo M.H.. Perilaku Taktis Untuk Non-Player Characters Di Game Peperangan Meniru Strategi Manusia Menggunakan Fuzzy Logic Dan Hierarchical Finite State Machine. Jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, STIMIK Asia Malang.

Mardi Supeno S.N., Wahyudi E., Puspito D.W., Christyowidiasmoro, Hariadi M. and Purnomo M.H.. Perilaku Agen Cerdas Berbasis BOIDS Untuk Simulasi Kerumunan Pada Keadaan Bahaya. Jurusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Sujjada A., Hariadi M. and Mardi Supeno S.N.. Formasi Pasukan Perang Menggunakan Algoritma Boids. Pasca Sarjana Teknik Elektro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Definisi “manuver”, Diakses di: http://www.artikata.com/arti-339818-manuver/. [03 April 2014]

Boids Algorithm, Diakses di: http://frnsys.com/topics/boids/. [03 April 2014]

Takti Perang, Diakses di: http://id.wikipedia.org/wiki/Taktik_perang/. [03 April 2014]

Published
2015-10-30
How to Cite
Adrianus Benufinit, Y., Hariadi, M. and Mardi S. N, S. (2015) “Manuver Kelompok NPC Berbasis Boids Pengembangan Game Real Time Strategy”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/60 (Accessed: 29March2024).