Repositori Pengetahuan Berbasis Ontologi pada Manajemen Laboratorium Praktikum Secara Online

  • Prisa Marga Kusumantara Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Abstract

Ontologi sebagai domain pengetahuan dalam penunjang teknologi web semantik (web 3.0) dewasa ini telah banyak dikembangkan dan dimanfaatkan untuk sistem repositori pengetahuan. Sementara itu, sistem informasi manajemen pada umumnya masih menggunakan ER-Diagram sebagai domain pengetahuan (basisdata). Pada studi kasus sistem informasi manajemen laboratorium praktikum di sebuah kampus, salah satu permasalahannya adalah terletak pada fitur pencarian data yg kurang flexibel dalam menghadirkan informasi yang lebih kaya. Jika setiap tema informasi membutuhkan satu form/filter yang unik, maka tentu akan membutuhkan banyak sekali form pencarian. Berdasarkan permasalahan tersebut, sebagai pendekatan yang berbeda, diperlukan sistem repositori pengetahuan yang berbasis ontologi pada kasus manajemen laboratorium praktikum yang dibangun dilingkungan web server dan berjalan secara online. Tahapan awal adalah menganalisis permasalahan dan analisis kebutuhan class dan property agar dapat ditentukan kontruksi ontologi yang relevan. Berikutnya adalah desain basisdata dimana susunan  tuple/atributnya telah dipetakan menjadi bentuk N-Tripe (subjek-predikat-objek) agar dapat menambahkan pengetahuan berupa annotasi semantik pada ontologi yang ada. Berdasarkan sample dataset yang ada, pengujian fitur pencarian semantik pada sistem repositori pengetahuan dilakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan melalui query SPARQL. Sistem repositori pengetahuan manajemen laboratorium praktikum telah berjalan via web server secara online. Berbasis pengetahuan dari ontologi yang ada, antarmuka sebuah objek textarea pada form pencarian telah berhasil mengakomodasi semua pertanyaan semantik user (query SPARQL) secara lebih flexibel dan pada akhirnya mampu menghasilkan luaran informasi yang lebih kaya. namun begitu, antarmuka form pencarian perlu didesain secara lebih user-friendly.

Kata Kunci: informasi, semantik, sparql, triple, web

References

Berners-Lee, T. (1998). Design Issues. [online], diakses di http:// www.w3.org/DesignIssues/RDFnot.html

Ginting, M. B., (2010). Pengembangan Sistem Repository Pengetahuan Berbasis Ontologi dan Jaringan Semantik. Perpustakaan Pertanian Vol. 19 .

Kedeo, A. A., Suyadnya I., M., A., Mertasana, P., A., (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Berbasis Web Pada Jurusan Teknik Elektro Universitas Udayana. E-Journal SPEKTRUM Vol. 2 No. 3 September 2015 ISSN: 2302-3163, Universitas Udayana, Bali

McGuinness, N. F., (2000). An Environment for Merging and Testing Large Ontologies. Principles of Knowledge Representation and Reasoning.

Nowack, B. (2014). Easy RDF and SPARQL for LAMP systems. [online]. diakses di https://github.com/semsol/arc2/wiki (diakses : 1 nopember 2017)

Rahmawati, U., (2012). Pengembangan Repositori Pengetahuan berbasis Ontologi untuk Tanaman Obat Indonesia. Jurnal Teknik POMITS Vol. 1, No. 1,p. 1-6, ITS, Surabaya.

Romzi, M., (2014). Rancang Bangun Sistem Informasi Inventarisas Laboratorium AMIK AKMI Baturaja. Jurnal Media Informatika dan Komputer Vol. 4 No.1 Desember 2014 ISSN : p. 2089-4383. AMIK "AKMI" Baturaja.

Susanti, N., Arifin, M., (2012). Sistem Informasi Manajemen Laboratorium (SIMLAB) (Studi Kasus Laboratorium Progdi Sistem Informasi UMK). Majalah Ilmiah INFORMATiKA Vol. 3 No. 1 Januari 2012 ISSN: 1411-6413, Universitas AKI, Semarang

Wicaksana, I. W. (2004.). Survey dan Evaluasi metode Pengembangan Ontologi.

W3C Recommendation. (2013). SPARQL 1.1 Query Language. [online]. diakses di https://www.w3.org/TR/sparql11-query/#rfc3987 (diakses : 1 nopember 2017)

Published
2018-03-11
How to Cite
Kusumantara, P. M. (2018) “Repositori Pengetahuan Berbasis Ontologi pada Manajemen Laboratorium Praktikum Secara Online”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/602 (Accessed: 4May2024).