Sistem Informasi Laboratorium Berbasis SMS

  • Oni Yuliani STTNAS Yogyakarta

Abstract

Sistem informasi Laboratorium adalah sistem yang melibatkan Pasien, Admin dan Laboran, sehingga menghasilkan informasi bagi pasien. Pemberian informasi secara detail merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan demi kepuasan pasien. Untuk itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat memberikan informasi dengan menggunakan fasilitas layanan SMS.

Tujuannya adalah untuk memudahkan pasien dalam pengaksesan informasi Laboratorium Kesehatan. Materi penelitian ini terdiri atas komponen-komponen yang mendukung pembuatan sistem informasi perangkat-lunak Visual Basic dan MySQL, Modul Gammu, serta tentang layanan pesan singkat (Short Message Service, SMS). Metode yang digunakan antara lain: pengumpulan data, perancangan sistem, pembuatan program, dan pengujian program.  Proses pengujian dilakukan dengan cara melakukan pendaftaran atau hasil laboratorium melalui SMS.

Hasil penelitian diwujudkan dengan bentuk sistem informasi berbasis desktop dan terhubung dengan perangkat telepon genggam dengan layanan pendaftaran pasien untuk pengambilan sampel darah dan hasil dari sampel darah. Proses pengujian dilakukan dengan cara melakuakan pendaftaran atau hasil laboratorium melalui SMS. Hasil yang didapat dari pengujian menunjukkan sistem ini berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil yang didapat sistem ini cukup layak untuk digunakan karena cara menjalankan program mudah dan dapat digunakan pada PC maupun Laptop, dan program dapat memberikan alternatif kepada pengguna (pasien) yang cukup sibuk untuk proses pendataran pasien dan mengetahui Hasil dari Laboratorium Kesehatan.

Kata kunci: Perancangan, Sistem, SMS Gateway, Visual Basic, MySQL, Gammu.

References

Andika, Fajar, 2007, Perancangan SMS Server untuk Pengiriman Data Secara Autorespond, Skripsi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Asmuni, 2010, Sistem Layanan pemasangan Iklan Baris Berbaris SMS Gateway, Skripsi, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Alfredo Cruz, 2011, Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Pada Sekolah Kolese St. Yosef, Skripsi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM, Yogyakarta.

Eko Koswara, 2011, Visual Basic beginner guide, Edisi 1, Mediakom, Yogyakarta

Fathansyah, Ir., 1999, basis Data, Edisi 1, CV. Informatika, Bandung.

Gulo, W., 2002, Metodologi Penelitian, PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta

Jogiyanto, HM, 1995, Pengenalan Komputer: Dasar Ilmu Komputer, Pemrograman, Sistem Informasi dan Intelegensi Buatan, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Kadir, Abdul, 2000, Konsep Dan Tuntunan Praktis Basis Data, Edisi 1, Andi, Yogyakarta.

Lidya Andriani, 2009, Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Dirumah Sakit Dengan Menggunakan Program Komputer, Skripsi, Universitas Sumatera Utara.

Rendi Saputra, 2012, Implementasi SMS Gateway untuk Sistem Penjualan pada Toko Komputer, Skripsi, Sekolah Tinggi Teknologi Nasional, Yogyakarta.

Sri Fetrianti, 2009, Perancangan Sistem Informasi Berbasis SMS dan Implementasinya di Sekolah Menengah Atas Panca Budi Medan, Skripsi, Universitas Medan.

Tavri D. Mahyuzir, 1991, Analisis dan Perancangan Perangkat Lunak, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Published
2018-03-11
How to Cite
Yuliani, O. (2018) “Sistem Informasi Laboratorium Berbasis SMS”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/603 (Accessed: 22June2024).