Simulasi Sistem Pengisi Baterai Berbasis Lereng Daya dan Lereng Tegangan Pada Panel Surya Berbasis DC-DC Converter Tipe Buck-Boost Untuk Aplikasi PJU Energi Bersih dan Terbarukan

  • Dimas Arifiyan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang

Abstract

Pada PJU (Penerangan Jalan Umum) panel surya digunakan untuk mengisi baterai. Keluaran daya pada panel surya tidak bisa maksimal secara terus menerus apabila tidak diberi DC-DC converter. Untuk mendapatkan daya maksimal secara terus menerus maka diperlukan suatu sistem DC-DC converter. DC-DC converter yang digunakan di PJU pada umumnya menggunakan manual PWM (Pulse Width Modulation) sebagai kontrolnya. Kontrol manual PWM menghasilkan daya yang kurang maksimal bila dibandingkan dengan kontrol automatic MPPT. Maka dari itu untuk aplikasi pada PJU sebaiknya digunakan kontrol automatic MPPT, namun saat ini pada PJU seringnya digunakan kontrol manual PWM. Untuk merancang simulasi kontrol automatic MPPT harus mengikuti kurva karakteristik panel surya itu sendiri. Pada paper ini dikaji suatu simulasi sistem teknik kendali yang memaksimalkan keluaran daya panel surya, dengan memanfaatkan pertemuan lereng daya dan lereng tegangan dari keluaran panel surya untuk mengisi baterai, dan pada akhirnya daya akan diteruskan ke inverter serta ke beban PJU. DC-DC converter yang digunakan dalam simulasi ini adalah tipe buck-boost converter. Daya yang dihasilkan oleh sistem ini selalu maksimal dan tegangan keluaran mengunci di tegangan baterai.

Kata Kunci: buck-boost converter, charge controller, photovoltaic.

References

Elektro, T. et al. (1991) ‘Penerangan Jalan Umum Solar Cell’, pp. 1–6.

Pltag, A. (2013) ‘Rancang Bangun Maximum Power Point Tracking (Mppt) Solar Sel Untuk Aplikasi Pada Sistem Grid Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTAg)’, (September), pp. 170–178.

POWER ELECTRONICS Academic Press Series in Engineering (2001).

Setiono, F. Y. and Pratomo, L. H. (2011) ‘Maximum Power Point Tracker as Regulated Voltage Supply using Ripple Correlation Control’, (July).

Published
2018-03-12
How to Cite
Arifiyan, D. (2018) “Simulasi Sistem Pengisi Baterai Berbasis Lereng Daya dan Lereng Tegangan Pada Panel Surya Berbasis DC-DC Converter Tipe Buck-Boost Untuk Aplikasi PJU Energi Bersih dan Terbarukan”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/612 (Accessed: 22June2024).