SAEI (Saba Auto Eggs Incubator (With Auto Rotating Eggs Mechanism))

  • Christianus Piguno Wardoyo SMA N 1 Bantul

Abstract

Kebutuhan masyarakat akan protein hewani, seperti ayam semakin meningkat seiring pertumbuhan penduduk. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut jika menggunakan sistem penetasan telur secara tradisional dengan menggunakan indukan ayam dirasa kurang efektif. Untuk itu diperlukan suatu mesin penetas telur. Mesin penetas telur yang ada kebanyakan masih manual, sehingga memerlukan perhatian khusus dari peternak. Tujuan penelitian ini membuat mesin penetas telur otomatis sehingga mempermudah peternak dalam pengoperasiannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, perancangan dan pembuatan mekanik, pembuatan program, uji coba program dan alat, dan analisa hasil. Desain alat ini terdiri dari perangkat keras. Perangkat keras terdiri dari boks incubator, komponen instalasi bohlamp 30W sebagai pemanas, instalasi pompa air sebagai penambah kelembaban, instalasi exhaust fan sebagai pengurang kelembaban, dan motor DC untuk pembalik telur. Selain itu, Arduino Uno R3 yang menjadi otak pengontrol terhadap sensor suhu dan kelembaban incubator (DHT11), penampil LCD untuk pembacaan suhu dan kelembaban, serta catu daya sebagai sumber tegangan yang dibutuhkan pada masing-masing instalasi tersebut. Disamping itu, Arduino IDE sebagai perangkat lunak dalam pemrograman kerja mikrokontroler. Dari hasil pengujian alat yang telah dilakukan, didapatkan hasil yang baik yaitu suhu di set point 38˚C dan kelembaban di set point 50-70%. Jika suhu <39 ˚C maka lampu akan hidup, jika suhu ≥39˚C lampu akan mati, jika kelembaban ≤50% maka penyemprot air akan hidup untuk menstabilkan kelembaban, dan jika kelembaban ≥70% maka exhaust fan akan hidup sampai kelembaban stabil. Selain itu, ketepatan pembalikkan telur sesuai setting setiap 6 jam sekali. Pada pengujian penetasan juga didapat hasil yang baik yaitu 80% dari 10 telur dan 100% dari 5 telur.

Kata Kunci: mesin penetas telur, arduino, sensor   

References

Hidayat Rahim R, Rumagit MA, Lumenta Arie SM. 2015. Rancang Bangun Alat Penetas Telur Otomatis Berbasis Mikrokontroler ATMega8535. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer (2015). ISSN: 2301-8402.

Kementrian Pertanian Republik Indonesia, 2015

Nurhadi Imam, Puspita Eru. 2009. Rancang Bangun Mesin Penetas Telur Otomatis Berbasis Mikrokontoler ATMega8 Menggunakan Sensor SHT11 [karya ilmiah] Surabaya: Teknik Elektronika, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (PENS-ITS)

Pusat Statistik, 2015

Supriyono Didik. 2014. Rancang Bangun Pengontrol Suhu Dan Kelembaban Udara Pada Penetas Telur Ayam Berbasis Arduino Mega2560 Dilengkapi UPS [karya ilmiah] Surakarta: Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Published
2018-03-12
How to Cite
Wardoyo, C. P. (2018) “SAEI (Saba Auto Eggs Incubator (With Auto Rotating Eggs Mechanism))”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/616 (Accessed: 4May2024).