Sistem Transaksi Pengelolaan Sampah Pada Bank Sampah Unit Di Kota Makassar

  • Yulita Salim Universitas Muslim Indonesia

Abstract

Konsep sampah dalam kehidupan manusia didefenisikan sebagai semua produk yang dihasilkan setelah terjadinya sebuah proses. Gaya hidup dan bertambahnya jumlah penduduk mengakibatkan bertambahnya jumlah sampah terutama di kota Makassar. Pemerintah kota Makassar telah mencoba berbagai cara agar masyarakat dapat menjaga kebersihan, termasuk membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenis sampah. Berdasarkan sifatnya sampah dibagi dalam dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah non organik. Sifat sampah non organik yang tidak terurai dapat merusak lingkungan, oleh karena itu Pemerintah Kota Makassar mengelola sampah non organik dari masyarakat melalui Bank Sampah Unit (BSU) yang ada disetiap kecamatan untuk dijadikan berbagai bentuk kerajinan tangan. Salah satu upaya dalam merubah paradigma tentang sampah non organik ialah menciptakan sebuah inovasi dengan membuat sistem transaksi pengelolaan sampah yang berbasis aplikasi. Penelitian ini membuat aplikasi sistem transaksi pengelolaan sampah di setiap Unit Bank Sampah ke dalam bentuk buku tabungan digital yang dapat diakses melalui website. Inovasi ini dibuat dengan tujuan agar masyarakat dapat menjadikan website sebagai sarana informasi tabungan sampah.

 

Kata Kunci: Aplikasi, Sampah organik dan non organik, Bank Sampah.

References

Apriliani, D, Murinto. 2013. Analisis Perbandingan Teknik Segmentasi Citra Digital Menggunakan Metode Level-Set Chan & Vese Dan Lankton, Jurnal Sarjana Teknik Informatika,1 (1), p.232-240.

Chandra, Budiman. (2006). Pengantar Kesehatan Lingkungan. EGC. Jakarta

Depkes R.I. (1996). Petunjuk Pelaksanaan Pengawasan Dan Pengendalian Dampak sampah (Aspek Kesehatan Lingkungan). Jakarta.

Fitria, R. (2015). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Bank Sampah Berbasis Web dengan Fitur Mobile. Skripsi, Universitas Andalas, Sistem Informasi.

Peranginangin K. (2006). Aplikasi WEB dengan PHP dan MySQL. CV Andi OFFSET, Yogyakarta.

Noviandi, B. M., Destiani, D., Partono. (2012). Perancangan Sistem Informasi Inventori Barang Di Bank Sampah Garut. Jurnal Algoritma,9 (1),p.1-13.

Profil Bank Sampah: (2012).

Ruslinda Y. (2014). Pengelolaan Sampah Kering Layak Jual Dengan Sistem Bank Sampah Di Kampus Universitas Andalas Padang. Jurnal Teknik Lingkungan. UNAND 11(2): p.96-109.

Utami, E. (2013). Buku Panduan Sistem Bank Sampah dan 10 Kisah Sukses. Jakarta: Yayasan. Unilever Indonesia.

Published
2018-03-12
How to Cite
Salim, Y. (2018) “Sistem Transaksi Pengelolaan Sampah Pada Bank Sampah Unit Di Kota Makassar”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/621 (Accessed: 8December2021).