Optimasi Pembuatan Nitroselulosa dari Daun Nanas dengan Proses Delignifikasi Dalam Upaya Mewujudkan Sumber Energi Bersih dan Terbarukan

  • Setia di Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Abstract

Menurut Riama dkk (2012) daun nanasmemiliki kadar selulosasebesar 80%. Dengan kadar tersebut, daun nanas dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan nitroselulosa.Nitroselulosa merupakan salah satu bahan dasar dari propelan jenis single baseyang dibuat dengan nitrasi terhadap selulosa menggunakan campuran asam nitrat dan asam sulfat dengan air.Di dalam industri, nitroselulosa dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar plastik, lacquer (bahan pelapis), film, bahan dasar semen, bahan baku propelan (peledak) dan smokless powder.Penelitian ini bertujuan mempelajari kondisi yang optimum pada proses nitrasidaun nanas untukmenghasilkan nitroselulosa dengan kadarnitrogen yang tinggi.

Penelitian ini dilakukan melalui dua tahapan, yaitu proses pre-treatment dan proses nitrasi. Proses pre-treatment bertujuan untukmeningkatkan kadar α-selulosa dalam bahan baku, melalui proses pre-hidrolisis, delignifikasi, dan bleaching. Sedangkan proses nitrasi menggunakan asam campuran yang terdiri dari asam nitrat dan asam sulfat sebagai katalisator. Pada penelitian ini dipelajari pengaruh waktu reaksi, dan perbandingan asam sulfat dengan asam nitrat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses nitrasi akan memberikan hasil terbaik pada waktu reaksi 90 menit, perbandingan asam sulfat terhadap asam nitrat 3:1. Pada kondisi ini diperoleh  yield  sebanyak 86,2% dengan kandungan nitrogen sebesar 11,56% dan termasuk dalam kualitas AM grades serta di bidang industri dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar film dan lacquer. Hasil uji FTIR menunjukkan bahwa telah terbentukdua serapan gugus -NO2pada nitroselulosa,sehingga termasuk dalam jenis selulosa di-nitrat.

 

Kata kunci :Daun Nanas, Nitrasi, Nitrogen, Nitroselulosa, Propelan

References

Anonim. 2012. Dikutip dari http:// dowwolffcellulosics.com/ yang diakses pada tanggal27 September 2017, pukul 06.42 WIB.

Austin, G. T. 1984. Shreve’s Chemical Process Industries. Mc.Graw Hill InternationalEdition. Singapura.

Casey, P. J. 1951. Pulp and Paper 3, third ed., pp. 4-19. Van Norstrand ReinholdCompany. New York.

Dalal. 1984. Inclusion of Nitrate and Nitrite in The Kjeldahl Nitrogen Determination of Soils and Plant Materials Using Sodium Thiosulphate.Queensland Wheat Research Institute. Toowoomba 4350. Australia.

Hadiati, S. dan N. P. Indriyani. 2008. Budidaya Nanas. Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika. 24 p.

Hartaya, K. 2009. Analisis Kurva FTIR untuk Nitroselulosa, Nitrogliserin, dan Propelan Double Base sebagai dasar Penentuan Kadar Nitrogen dalam Nitroselulosa, Laporan Penelitian. LAPAN.

Hidayat, P. 2008. Teknologi Pemanfaatan Serat Daun Nanas sebagai Alternatif Bahan Baku Tekstil. Jurnal Teknologi Industri. Volume 13 No 2. Hal 31-35.

Nuraini, Padil, Yelmida.2010. Proses Pembuatan Nitroselulosa dari Limbah Pelepah Sawit. Jurusan Teknik Kimia,Universitas Riau,1-10.

Purnawan. 2010. Optimasi Proses Nitrasi pada Pembuatan Nitroselulosa dari Serat Industri Limbah Sagu. Jurusan Teknik Lingkungan, IST AKPRIND. Yogyakarta.

Respati, E. 2016. Outlook Nanas. Kementerian Pertanian Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian.<http://epublikasi.setjen.pertanian.go.id/epublikasi/outlook/2016/Hortikultura/OUTLOOK%20NENAS%202016/files/assets/common/downloads/OUTLOOK%20NENAS%202016.pdf>. Diakses pada 24 September 2017.

Riama, G. dkk. 2012. Pengaruh H2O2, Konsentrasi NaOH dan Waktu terhadap Derajat Putih Pulp dari Mahkota Nanas. Palembang: Universitas Sriwijaya Press.

Saragih, E.Padil, Yelmida. 2013. Pembuatan Nitroselulosa dari Selulosa Hasil Pemurnian Pelepah Sawitdengan Hidrogen Peroksida (H2O2) sebagai Bahan Baku Pembuatan Propelan.Jurusan Teknik Kimia,Universitas Riau. Pekanbaru 28293.

Sugeng, H.S., dkk, 2008. Pedoman praktis budidaya nanas di PT Geat Giant Pineapple Terbangi Besar Lampung Tengah. hal 120–136.

Ullmann’s. 2006. Chemical Properties Handbook, Encyclopedia of Industrial Chemistry. McGraw Hill Companies. New York.

Zulfieni, W.Y. 2011.Hidrolisis Pelepah Sawit Untuk Memurnikan Selulosa-α Menggunakan Larutan Pemasak dari Ekstrak Abu TKS, Skripsi.Universitas Riau.

Published
2018-03-12
How to Cite
di, S. (2018) “Optimasi Pembuatan Nitroselulosa dari Daun Nanas dengan Proses Delignifikasi Dalam Upaya Mewujudkan Sumber Energi Bersih dan Terbarukan”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/623 (Accessed: 22June2024).