PUBLIKASI MUSEUM MELALUI SISTEM LOG ACTIVITY MENGGUNAKAN TEKNOLOGI RFID

  • Shiyami Milwandhari Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Pos Indonesia

Abstract

Keberadaan museum saat ini semakin terkesampingkan akibat penurunan apresiasi masyarakat terhadap sejarah dan kebudayaan dengan pilihan masyarakat yang lebih besar dijatuhkan pada pusat-pusat keramaian. Eksistensi museum dapat ditumbuhkan melalui peran pengunjung dalam menyebarluaskan informasi selama mungunjungi museum dengan memanfaatkan jejaring sosial milik pengunjung. Jejaring sosial sebagai media komunikasi yang digunakan oleh hampir seluruh masyarakat di indonesia dapat dijadikan salah satu media publikasi yang efektif dan efisien. Maka dibutuhkan suatu sistem yang dapat memposting kegiatan pengunjung didalam museum ke jejaring sosial milik pengunjung, sehingga informasi tersebut dapat dibagi ke pengguna jejaring sosial lain yaitu dengan membangun system log activity yang terintegrasi dengan jejaring sosial facebook menggunakan teknologi RFID sebagai pengidentifikasi dan penyimpan informasi secara otomatis. Hasil yang didapat dari system log activity ini adalah system dapat terintegrasi dengan jejaring sosial facebook dan teknologi RFID, system dapat mencatat data log kunjungan yang terposting ke jejaring sosial facebook dan dapat melakukan manajemen data pengunjung.

References

___________, Social Network, http://oxforddictionaries.com/definition/social network, 17 Mei 2012, 20:50 WIB.

Wheeler Steve., Anatomy of a PLE, http://steve-wheeler.blogspot.com/2010/-07/anatomy-of-ple.html, 24 Mei 2012, 17:00 WIB.

Mayfield Antony., What is social media?, iCrosing, United Kingdom, 2010.

Wasserman, Stanley., Faust, Katherine., Social Network Analysis in the Social and Behavioral Sciences., Social Network Analysis: Methods and Applications, Cambridge University Press, 1994.

___________, Key Facts, http://newsroom.fb.com/content/default.aspx?News-AreaId=22, 17 Mei 2012, 21:30 WIB.

___________, PHP SDK, http://developers.facebook.com/docs/reference/php/, 18 Mei 2012.

Bhatt , Himanshu and Bill Glover. RFID Essentials. (Sebastopol: O'Reilly, 2006).

Manish , Bhuptani. RFID Field Guide: Deploying Radio Frequency Identification Systems. (Massachusetts: Prentice Hall 2005)

Lahiri, Sandip. RFID Sourcebook. (Massachusetts: Prentice Hall, 2005).

Haryanto, Bambang.2004.Rekayasa Sistem Berorientasi Objek. Bandung:Informatika Bandung.

Wheeler Steve., Anatomy of a PLE, http://steve-wheeler.blogspot.com/2010/-07/anatomy-of-ple.html, 24 Mei 2012, 17:00 WIB.

Published
2015-10-30
How to Cite
Milwandhari, S. (2015) “PUBLIKASI MUSEUM MELALUI SISTEM LOG ACTIVITY MENGGUNAKAN TEKNOLOGI RFID”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/63 (Accessed: 29March2024).