Pengaruh Variasi Komposisi Kimia dan Kecepatan Kemiringan Cetakan Tilt Casting Terhadap Kerentanan Hot Tearing Paduan Al-Si-Cu

  • Bambang Tjiroso Universitas Pasifik
  • Agus Dwi Iskandar STTNAS Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi komposisi kimia dan kecepatan kemiringan cetakan terhadap kerentanan hot tearing paduan Al-Si-Cu. Temperatur tuang yang digunakan 710˚C dan temperatur cetakan adalah 220˚C. paduan dilebur dalam dapur krusibel untuk memperoleh empat variasi komposisi paduan Al-Si-Cu. Logam cair dipindahkan dari furnace ke wadah tuang yang menempel pada cetakan dengan posisi horizontal. Cetakan dimiringkan sampai posisi vertikal untuk menuang logam cair masuk kedalam cetakan dengan variasi kecepatan kemiringan cetakan 9, 12, dan 15 °/detik. Logam cair didiamkan sampai membeku. Hasil pengujian komposisi kimia diperoleh empat variasi paduan yaitu 1,17% Cu, 1,65% Cu, 2,14% Cu, dan 2,76% Cu. Analisa hot tearing produk cor dilakukan dengan menggunakan teknik visual. Perhitungan nilai kerentanan hot tearing dan bagan foot print untuk setiap produk cor dilakukan dengan menggunakan metode hot tear severity (HTS). Kerentanan hot tearing paling tinggi terjadi pada komposisi 2,76% Cu dengan kecepatan kemiringan cetakan V=15°/detik yaitu 6 HTS. Kerentanan hot tearing meningkat seiring dengan meningkatnya kecepatan kemiringan cetakan. Hot tearing terjadi pada variasi kecepatan kemiringan cetakan V=12°/detik dan V=15°/detik. Sedangkan kecepatan kemiringan cetakan V=9°/detik tidak terjadi hot tearing.

Kata Kunci: hot tearing, komposisi kimia, tilt casting

References

Hamzah, E., Prayitno, D. dan Ghazali, M.Z., 2002. “Effect of mould tilt angle on the mechanical properties of as-cast aluminum alloy”, Materials & Design, 23(2), pp.189–194.

Lin, S., Aliravci, C. dan Pekguleryuz, M.O., 2007. “Hot-Tear Susceptibility of Aluminum Wrought Alloys and the Effect of Grain Refining”, Metallurgical and Materials Transactions A, 38(5), pp. 1056–1068.

Yan, X.dan Lin, J.C., 2006, “Prediction of Hot Tearing Tendency for Multi component Aluminum Alloys” Metallurgical And Materials Transactions B, 36B, pp. 915-915.

Published
2018-03-12
How to Cite
Tjiroso, B. and Iskandar, A. D. (2018) “Pengaruh Variasi Komposisi Kimia dan Kecepatan Kemiringan Cetakan Tilt Casting Terhadap Kerentanan Hot Tearing Paduan Al-Si-Cu”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/631 (Accessed: 13June2024).