Pengaruh Luasan Elektrode Stainless Steel Terhadap Produksi Gas Hho Pada Proses Elektrolisis Menggunakan Baterai 12 Volt 70 AH

  • Dedy Pradigdo

Abstract

Gas HHO adalah gas yang diproduksi dari proses elektrolisis air. Gas HHO merupakan energi ramah lingkungan yang dapat dimanfaatkan pada kebutuhan manusia. Telah banyak penelitian yang membahas mengenai pengaruh variasi ketebalan pada elektroda yang mempengaruhi produksi dari HHO, didapatkan hasil produksi gas HHO meningkat dengan variasi ketebalan pada elektroda. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh variasi luasan permukaan elektroda terhadap produksi gas HHO pada proses elektrolisis menggunakan baterai 12 V 70 AH. Dengan variasi luas permukaan elektroda yakni variasi elektroda I dengan luas 6262.4 mm2, variasi elektroda II dengan luas 10028.18 mm2, dan variasi elektroda III dengan luas 14328 mm2. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu produksi gas HHO maksimal pada variasi electrode I sebesar 0.0069 ml/s, produksi gas HHO maksimal pada variasi electrode II sebesar 0.0125 ml/s, dan produksi gas HHO maksimal pada variasi electrode III sebesar 0.0278 ml/s.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin besar luasan elektroda yang digunakan dalam proses elektrolisis maka semakin besar hasil gas HHO yang dihasilkan dan semakin lama waktu proses elektrolisis maka debit yang dihasilkan semakin rendah.

Kata kunci : Baterai, elektrolisis, luasan elektroda.

References

Marlina, E., S. Wahyudi., L. Yulianti. 2013. Produksi Brown’s gas hasil elektrolisis H2O dengan katalis NaHCO3. Jurnal Rekayasa Mesin Vol. 4 No. 1.

Lowrie, P.E.W., 2005. Mitzubishi Cyclon. Proceeding of Elektrolytic Gas, USA.

Putra, Arbie Marwan. 2010. Analisis Produktivitas Gas Hidrogen dan Gas Oksigen Pada Elektrolisis Larutan KOH

Silaban, R.Y., D. Widhiyanuriyawa., N. Hamidi. 2013. Produksi Brown’s Gas pada elektroliser dry cell dengan variasi celah elektroda dan fraksi massa NaHCO3. Universitas Brawijaya. Malang.

Wahyono, Anies R. 2016. Pembuatan alat produksi gas hidrogen dan oksigen tipe wett cell dengan variasi luas penampang. Jurnal Teknik Energi Vol 12 No. 1

Published
2018-03-12
How to Cite
Pradigdo, D. (2018) “Pengaruh Luasan Elektrode Stainless Steel Terhadap Produksi Gas Hho Pada Proses Elektrolisis Menggunakan Baterai 12 Volt 70 AH”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/642 (Accessed: 4May2024).