Aplikasi Jebakan Model Lipat Berselimut Jaring untuk Menangkap Rajungan dan Ikan

  • Eko Julianto Sasono Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro

Abstract

Kegiatan pengabdian aplikasi jebakan model lipat berbahan besi galvanis dan anyaman benang dilakukan untuk menyempurnakan peralatan penangkap rajungan dan ikan dasar laut. Dan untuk penyempurnaan alat tangkap tersebut, tim pengabdian menyusun langkah kerja atau kegiatan pengabdian meliputi pendalaman ikan rajungan dan ikan dasar laut, teknik penangkapan dan peralatan tangkap,  pendalaman alat tangkap model lipat, rancang bangun jebakan model lipat dan pelaksanaan di kelompok nelayan. Desain jebakan model lipat pada dasarnya terdiri tiga komponen utama yakni rangka dasar, rangka diagonal dan rangka tegak. Ketiga komponen akan terhubung secara permanen dengan ukuran ruang 60 -70 cm x 45-50 cm x 20-25 cm dan dapat bergerak atau dilipat sehubungan sambungan tersebut merupakan jenis sambungan suaian longgar.

Kata Kunci : rajungan, ikan, jebakan, jaring, nelayan

References

Bambang, (2016), Wawancara: Anggota Kelompok Nelayan Rejeki Bahari, Survey Langsung di Kelompok Nelayan Rejeki Bahari.

Fitri, A.D.P. dan Khohar, A. (2004), Analisis Trap Net Sebagai Alat Penangkap Ikan Hias Karang Ramah Lingkungan Di Perairan Karimun, Repository, Documentation, Universitas Diponegoro.

Rois, A., (2016), Wawancara Ketua Nelayan Rejeki Bahari, Survey Langsung di Kelompok Nelayan Rejeki Bahari.

Samma, M.Z., (2011), Transfer Teknologi Set-net di Bone, Kategori Artikel Penyuluhan.

Published
2018-03-12
How to Cite
Sasono, E. J. (2018) “Aplikasi Jebakan Model Lipat Berselimut Jaring untuk Menangkap Rajungan dan Ikan”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/643 (Accessed: 22June2024).