Peningkatan Kualitas Kripik Singkong di UKM Probolinggo Dengan Metode Six Sigma

  • Muhammad Showi Nailul Ulum Universitas Brawijaya

Abstract

Kualitas merupakan hal yang sangat penting bagi dunia industri. Kualitas yang baik akan mempengaruhi dari kepuasan pelanggan, semakn baik kualitas bahan maka akan semakin banyak permintaan dari konsumen. UKM probolinggo terdpat kualitas kripik singkong yang jelek yaitu pada lembaran tipis kripik singkong yang memiliki ketebalan yang  berbeda  yang menyebabkan kematangan tidak merata disetiap sisi dan  rasa tidak renyah  yang akan mengecewakan pelanggan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari kripik singkong dengan menggunakan metode Six Sigma dan desain eksperimen Taguchi. Hasil dari penelitian ini didapat penyebab kerusakan pada pisau pemotong, sedang untuk kombinasi penyetelan sudut mata pisau yang tepat adalah pada sudut potong 00, sudut geser 800, dan kecepatan pemotong pada 500 Rpm dengan hasil rata-rata pemotongan adalah 1,41 mm dengan target yang diinginkan 1,4 mm.

Kata kunci : kualitas, akar permasalahan, Six Sigma, eksperimen.

References

Gasperz, Vincent (2003). Metode Analisis Untuk Peningkatan Kualitas. PTGramedia Pustaka Utama, Jakarta

Gasperz, Vincent (2007). Lean Six Sigma for Manufacturing and Service Industries. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Hendradi, Tri C. (2006) Statistik Six Sigma Dengan Minitab. Penerbit Andi, Yogyakarta

Hidayat, Anang (2007). Strategi Six Sigma. PT Elex Media Komputino Kelompok Gramedia, Jakarta

Mathanker, Sunil K. (2015) Effect of Blade Oblique Angle and Cutting Speed on Cutting Energy for Energycane Stems. Journal of Biosystems Engineering 133, 64-70.

Petrus, Simon (2012). Penerapan Metode Six Sigma untuk Meningkatkan Kualitas Produk Plywood pada PT X Samarinda. Tesis Teknik Mesin Universitas Brawijaya

Prasad, J. Gupta, C. P.(1975) Mechanical Properties of Maize Stalk as Related to Harvesting. Journal of Biosystems Engineering 20, 79-87

Pujono. Ipung Kurniawan. (2014). ANALISA BENTUK DAN DIMENSI PISAU POTONG STIK SUKUN PADA MESIN PEMOTONG STIK SUKUN. Jurnal INFOTEKMESIN Volume 7.

Soejanto, Irwan (2009). Desain Eksperimen dengan Metode Taguchi. Graha Ilmu, Yogyakarta

Visvanathan, R. (1996). Effect of Knife Angle and Velocity on the Energy Required to Cut Cassava Tuber. Journal Agricultural Engineering 64, 99-102.

Published
2018-03-12
How to Cite
Ulum, M. S. N. (2018) “Peningkatan Kualitas Kripik Singkong di UKM Probolinggo Dengan Metode Six Sigma”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/647 (Accessed: 4May2024).