Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Menggunakan Meotde Naive Bayes Classiffier

  • Riani Dewi H Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura
  • Yunita Yunita Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura
  • Novi Indrawati Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Beasiswa merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan meringankan beban biaya pendidikan bagi siswa maupun mahasiswa. Di perguruan tinggi program beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang masih aktif kuliah dan tidak melebihi masa studi normal. Jadi mahasiswa yang mengajukan beasiswa minimal semester 2 karena sudah mempunyai nilai IPK dan maksimal semester 8. Mahasiswa yang mendaftar beasiswa harus memenuhi syarat yang sudah di tentukan oleh pihak universitas. Dalam penelitian ini ada beberapa kriteria-kriteria yang digunakan untuk penyeleksian beasiswa, yaitu Penghasilan Orangtua, IPK, PLN, dan Tanggungan Keluarga. Metode yang digunakan untuk seleksi beasiswa adalah metode Naive Bayes Classiffier Classifier , metode ini akan mengklasifikasi pendaftar beasiswa menjadi dua kelas yaitu kelas layak dan tidak layak. Diharapkan sistem ini dapat berfungsi optimal dan baik dalam melakukan seleksi beasiswa.

References

Sholihah, Ani.2013. Sistem Penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) menggunakan metode Naive Bayes Classiffier Classifier. Program Studi Teknik Informatika Universitas Trunojoyo.

Kusumadewi, Sri.2009.Klasifikasi Status Gizi Menggunakan Naive Bayesian Classification.Jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia.

Said Hasibuan, Aulia Vitari dan Muhammad.2010.Sistem Penunjang Keputusan Penerimaan Beasiswa Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. Studi Kasus Penerimaan Beasiswa Di Sman2 Metro.Magister Teknologi Informasi IBI Darmajaya

Ulysses, John Fredrik .125301917.Data Mining Classification Untuk prediksi Lama MasaStudi Mahasiswa Berdasarkan Jalur Penerimaan Dengan Metode Naive Bayes. Magister Teknik Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Jananto, Arief.2013. Algoritma Naive Bayes untuk Mencari Perkiraan Waktu Studi Mahasiswa. Program studi sistem informasi universitas Stikibank.

Natalius, Samuel.2010/2011. Metoda Naïve Bayes Classifier dan Penggunaannya pada Klasifikasi Dokumen. Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi Sekolah Teknik Elektro dan Informatika.

Published
2015-11-02
How to Cite
Dewi H, R., Yunita, Y. and Indrawati, N. (2015) “Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Menggunakan Meotde Naive Bayes Classiffier”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/65 (Accessed: 15June2024).