Perbandingan Hasil Logam Emas Pada Pengolahan Bijih Emas Dengan Metode Sianida (Heap Leaching) Berdasarkan Perbedaan Ukuran Butir Umpan

  • Maharani Rindu Widara Mahasiswa Magister Teknik Pertambangan UPN "Veteran" Yogyakarta

Abstract

Tambang Rakyat di Desa Kertajaya Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi melakukan proses pengolahan emas dengan menggunakan metode sianidasi (heap leaching).  proses heap leaching atau penyiraman umpan dilakukan dengan ukuran butir rata ≤ 5 cm selama 16 jam. Uji coba proses pengolahan emas yang dilakukan penulis dengan membuat 5 macam perbedaan ukuran umpan (feed): Percobaan pertama dengan ukuran bijih emas (feed) ≤ 5 cm dengan total waktu heap leaching selama 16 jam, hasil logam emas yang diperoleh rata-rata 7,40 gram. Percobaan kedua yaitu dengan ukuran bijih emas (feed)  ≤ 4 cm dengan total waktu heap leaching  selama 16 jam, hasil logam emas yang diperoleh rata-rata 7,53 gram. Percobaan ketiga dengan ukuran bijih emas (feed) ≤ 3 cm dengan total waktu heap leaching  selama 16 jam, hasil logam emas yang diperoleh rata-rata 11,27 gram. Percobaan keempat yaitu dengan ukuran bijih emas (feed)  ≤ 2 cm dengan total waktu heap leaching  selama 16 jam, hasil logam emas yang diperoleh rata-rata 11,46 gram. Percobaan kelima dengan ukuran bijih emas (feed)  ≤ 5 cm dengan total waktu heap leaching  selama 16 jam, hasil logam emas yang diperoleh rata-rata 12,28 gram. Dari hasil uji coba diatas maka diketahui bahwa Ukuran bijih emas (umpan) yang diolah sebaiknya ≤ 1 cm sehingga butiran emas bisa terbebaskan atau terliberasi secara sempurna sehingga dapat memperoleh logam emas yang optimal pada saat proses pengolahan.

Kata Kunci: heap leaching, sianidasi, ukuran butir.

References

Diantoro, Yimi, 2010. Emas Investasi dan Pengolahannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Purnamawati, Dwi Indah, 2012. Genesa Dan Kelimpahan Mineral Logam Emas, Dan Asosiasinya Berdasarkan Analisis Petrografi, Dan Atomic Absorbtion Spectrophotometry (AAS), Di Daerah Sangon, Kaupaten Kulonprogo, Propinsi DIY. Yogyakarta: Institut Sains Dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

Rosana, Mega F,2006. Geologi Kawasan Ciletuh, Sukabumi :Karakteristik, Keunikan Dan Implikasinya. Bandung: UNPAD.

Sarempa, Apriani. Tanpa Tahun. Optimasi Recovery Emas Dan Perak Dengan Sianidasi Pada Deposit Bijih Emas Kadar Rendah Di Pt. Nusa Halmahera Minerals Daerah Gosowong Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Teknologi Nasional.

Sudarsono, Arief S, 2003. Pengantar Pengolahan dan Ektraksi Bijih Emas. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Tangkuman, Herling D, 2008. Pengaruh Konsentrasi Sianida Terhadap Produksi Emas. Manado: UNSRAT Manado.

Widodo, 2008. Pengaruh Perlakuan Amalgamasi Terhadap Tingkat Perolehan Emas dan Kehilangan Merkuri. Sukabumi Selatan: UPT Loka Uji Teknik Penambangan Jampang Kulon-LIPI

Published
2018-03-20
How to Cite
Widara, M. R. (2018) “Perbandingan Hasil Logam Emas Pada Pengolahan Bijih Emas Dengan Metode Sianida (Heap Leaching) Berdasarkan Perbedaan Ukuran Butir Umpan”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/678 (Accessed: 22June2024).