Evaluasi dan Optimasi Produksi Sucker Rod Pump Dengan Penggerak Tipe Hydraulic Pumping Unit di KSO Pertamina-EP Samudra Energy BWP Meruap Kabupaten Sarolangun-Jambi

  • Ibnu Sopwan Mhs MTA UPN "Veteran" Yogyakarta

Abstract

KSO Pertamina-EP Samudra Energy BWP Meruap terletak di Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi. Memiliki lapisan penghasil hidrokarbon yang termasuk dalam formasi Air Benakat bagian bawah. Secara umum mekanisme pendorong reservoir lapangan Meruap adalah solution gas drive atau gas terlarut, oleh sebab itu di lapangan Meruap, jumlah air yang terproduksi sangat sedikit dari sumur produksi, sedangkan jumlah gas yang terproduksi sangat besar. Sumur M-19 di produksi dengan menggunakan system pengangkatan buatan (artificial lift) sucker rod pump yang dikombinasikan dengan hydraulic pumping unit (HPU) pada peralatan di atas permukaan. Metode ini digunakan setelah dilakukan beberapa pertimbangan dan pengujian kemudian dianggap tepat untuk digunakan pada kondisi lapangan Meruap. Untuk efisiensi volumetris pompa yang masih belum optimum pada sumur M-19 menjadi latar belakang evaluasi dan optimasi pada sumur tersebut. Selain itu optimasi juga dimaksudkan untuk meningkatkan laju alir produksi pada sumur kajian. Evaluasi dilakukan dengan cara melakukan perhitungan efisiensi volumetris pompa kondisi terpasang serta kemampuan sumur berproduksi melalui perhitungan inflow performance relationship (IPR). Sedangkan optimasi untuk mendapatkan kombinasi parameter pompa yang optimum dilakukan dengan analisa nodal (pump intake curve). Setelah dilakukan optimasi pada sumur M-19, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi volumetris pompa dari yang sebelumnya sebesar 28,689% menjadi 41% dan juga perubahan laju alir produksi (Qt) dari yang sebelumnya sebesar 63,2 bpd menjadi 72.6 bpd. Dengan kombinasi parameter yang sebelumnya 7 SPM dan 90 inch SL menjadi 5 SPM dan 100 inch SL.

Kata Kunci: artificial lift, efisiensi volumetris, produksi

References

Anonim, (2015). Sumber Informasi dan Data Perusahaan, KSO Pertamina-EP Samudra Energy BWP Meruap, Sarolangun.

Anonim, (2000). HPU Manual Book, PT Expertest Kaliper Nusantara, Bandung.

Anonim, (2011). Langkah Dasar Total Well Management (TWM), Echometer Company, texas.

Beggs, H.Dale, (2003). Production Optimization Using Nodal Analysis, OGCI and Petroskills Publications Tulsa, Oklahoma.

Ceballos Don, (2003). Best Pumps In The Oil Patch, Harbison Fischer, Texas.

Comacho, R.G. and Ragavan, R., 1987. Inflow Performance Relationships for Solution Gas rive Reservoirs, SPE Paper No. 16204

Rachmat, Sudjati, (2006). Production Well Surface And Downhole Equipment, PT Surya Dwika Mandiri, Bandung.

Sudibyo, (2013). Oil And Gas Industry Exploration Drilling And Production, Powerindo NS, Jakarta.

Vogel, J.W., Januari (1968). Inflow Performance Relationship for Solution Gas Drive Wells, Journal of Petroleum Technology.

Published
2018-03-20
How to Cite
Sopwan, I. (2018) “Evaluasi dan Optimasi Produksi Sucker Rod Pump Dengan Penggerak Tipe Hydraulic Pumping Unit di KSO Pertamina-EP Samudra Energy BWP Meruap Kabupaten Sarolangun-Jambi”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/690 (Accessed: 25July2024).