Interpretasi Lapisan Akuifer Air Tanah Menggunakan Metode Geolistrik Di Kampung Horna Baru Dan Kampung Muturi Distrik Manimeri Kabupaten Teluk Bintuni Provinsi Papua Barat

  • Karmila Laitupa Mhs MTA UPN Yogyakarta

Abstract

Geolistrik merupakan salah satu metode geofisika yang dimanfaatkan dalam eksplorasi dangkal. Prinsip kerja metode geolistrik adalah mempelajari aliran listrik di dalam bumi dan cara mendeteksinya di permukaan bumi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan lapisan pembawa air, letak dan kedalaman serta jenis akuifer air tanah Kampung Horna Baru dan Kampung Muturi Distrik Manimeri Kabupaten Teluk Bintuni Provinsi Papua Barat dengan metode tahanan jenis (Resistivity). Metode tahanan jenis didasari oleh hukum Ohm, bertujuan mengetahui jenis pelapisan batuan didasarkan pada distribusi nilai resistivitas pada tiap lapisan. Data hasil pengukuran di lapangan berupa beda potensial dan kuat arus dapat digunakan untuk menghitung harga resistivitas semu. Setelah diperoleh harga resistivitas semu kemudian  dimasukkan ke software res2dinv, serta data spasi elektroda dan data datum poin untuk mengetahui nilai resistivitas, RMSE dan kedalaman tiap lapisan dengan model 2D secara vetikal melalui proses inversi. Hasil penelitian geolistrik menunjukkan bahwa akuifer air tanah di Kampung Horna Baru dan Kampung Muturi Distrik Manimeri Kabupaten Teluk Bintuni, memiliki resistivitas yang bervariasi yaitu berkisar dari 0.183 Ohm.meter – 3714 Ohm.meter. Pada lintasan 2, 3, 5 dan 6 di Kampung Horna Baru pada kedalaman 4.3 – 27.1 m. Sedangkan di Kampung Muturi pada lintasan 8 dan 9  dengan kedalaman 13.1 - 27.1 m.

Kata kunci : Geolistrik, Schlumberger,  Res2dinv, Akuifer, Air Tanah

References

Bahagiarti sari, dkk. 2008. Proses-Proses Hidrologi, Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Yogyakarta.

Hendrajaya Lilik, dkk. 1990. Geolistrik Tahanan Jenis. Laboratorium Fisika Bumi. Jurusan Fisika-FMIPA Insitut Teknologi Bandung.

Margawaro ayu, 2009. Identifikasi Batuan Dasar Di Desa Kroyo Karangmalang Kabupaten Sragen Menggunakan Metode Geolistrik Konfigurasi Dipole-Dipole. Jurusan Sain Fisika. Fakultas Metematika Dan Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Moehadi, dkk. 2000. Diktat Kuliah Geofisika. Jurusan Teknik Pertambangan Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Yogyakarta.

Nawawi H. H dan Martina M. H, 1994. Penelitian Terapan. Gadjah Mada University Press.

Suharyadi, 1984. Diktat Kuliah Geohidrologi (Ilmu Airtanah), Jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.

Tim Survei, 2008. Laporan Survei dan Pemetaan Hidrogeologi di Distrik Bintuni Kabupaten Teluk Bintuni, Fakultas Teknik universitas Hasanuddin.

Wahyudi, 2001. Panduan Workshop Eksplorasi Geofisika. Fakultas Universitas Gajahmada. Yogyakarta.

Wuryantoro. 2007. Aplikasi Metode Geolistrik Tahanan Jenis Untuk Menentukan Letak Dan Kedalaman Aquifer Air Tanah (Studi Kasus di Desa Temperak Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang JawaTengah).http://www.geocis.net/image-upload/geolistrik.pdf(diunduh tanggal 26 Februari 2014)

………, 2011. Laporan Kegiatan Inventarisasi Potensi Air Tanah Kabupaten Teluk Bintuni, Dinas Pertambangan, Energi Dan Sumber Daya Mineral Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni.

Published
2018-03-20
How to Cite
Laitupa, K. (2018) “Interpretasi Lapisan Akuifer Air Tanah Menggunakan Metode Geolistrik Di Kampung Horna Baru Dan Kampung Muturi Distrik Manimeri Kabupaten Teluk Bintuni Provinsi Papua Barat”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/692 (Accessed: 13June2024).