Rancangan Sistem Penirisan Tambang Batubara Pit 1 Blok Timur PT. Karya Putra Borneo Site Batuah Kutai Kartanegara Kalimantan Timur

  • Muhammad Naufal Fuadi Mhs MTA UPN "Veteran" Yogyakarta

Abstract

Penelitian dilakukan di Pit 1 blok timur yang merupakan salah satu lokasi penambangan milik PT. Karya Putra Borneo. Perusahaan ini terletak di Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Metode Penelitian yang dilakukan dengan cara survei dan observasi. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengeluarkan air yang masuk ke dalam tambang sehingga tidak mengganggu proses penambangan Pit 1 blok timur periode 2015. Dilakukan penelitian ini untuk merencanakan bentuk, dimensi dan kapasitas sump dan settling pond serta jumlah pompa yang digunakan untuk mengeluarkan air dari lokasi penambangan. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan jumlah pompa yang digunakan pada sump serta untuk mengetahui dimensi settling pond dan jadwal pengerukan pada settling pond.

Kata Kunci: debit air, pompa, sump, settling pond.

References

Bunga Elifas, 2010 “Diktat Sistem Penyaliran Tambang”, Universitas Veteran Republik Indonesia , Makassar.

Fitri Nauli, 2016, “Rancangan Sistem Penyaliran Pada Tambang Air Laya Tanjung Enim Sumatera Selatan. Yogyakarta.

Konsultan.,2009, “Hidrogeologi pit jumbo PT Karya Putra Borneo”, PT. Prisma Eksporindo Utama, Jakarta.

Margaretha Frida Prayudita, 2013, Kajian Teknis Sistem Penyaliran Pada Tambang Terbuka Di Pit Teleh Orbit Prima Kalimantan Tengah, Yogyakarta: Program Studi Teknik Pertambangan UPN“Veteran”.

Partanto Prodjosumarto, 1994, Rancangan Settling pond Sebagai Perlengkapan Sistem Penirisan Tambang, Bandung.

Rudy Sayoga, 1990, Laporan Kegiatan Tenaga Ahli Dalan Negara Bidang Penirisan (Darinage) Di Tambang Terbuka, Laboratorium Geoteknik ITB, Bandung.

Suripin, 2004, Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan, Andi Offset, DemanganBaru, Yogyakarta.

Sri Harto Br, 1993, “Analisis Hidrologi”, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Suyono, dkk , 2015, “Rancangan Teknis Sistem Penyaliran Tambang pada PIT 300 Block 5 South Block PT. Trubaindo Coal Mining Kabupaten Kutai Barta Provinsi Kalimantan Timur”, Jurnal Teknologi Pertambangan Vol 1 Nomor 1 Periode Maret-Agustus. Yogyakarta

Suyono Sosrodarsono, 1983, Hidrologi untuk Pengairan, PT. Pradnya Paramita, Jakarta.

Rudy Sayoga, 1999, Diktat Kuliah Sistem Penyaliran Tambang, ITB , Bandung.

Peter Eka Rosadi, 2010, Mekanika Fluida, Awan Poetih Offset. Yogyakarta

Tedy Agung Cahyadi.2007. Rancangan Sistem Penyaliran Tambang Terbuka PT. Mykoindo Daya Gemilang Di Kecamatan Kokap Kabupaten KulonProgo Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Program Studi Teknik Pertambangan UPN “Veteran”

Published
2018-03-20
How to Cite
Fuadi, M. N. (2018) “Rancangan Sistem Penirisan Tambang Batubara Pit 1 Blok Timur PT. Karya Putra Borneo Site Batuah Kutai Kartanegara Kalimantan Timur”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/693 (Accessed: 19July2024).