Studi Karakterisasi Fisik dan Kimiawi Debu Gunung Semeru

  • Wasis wasis Universitas Brawijaya

Abstract

Telah dilakukan penelitian terhadap sifat fisik dan kimiawi dari partikel debu vulkanik Gunung Semeru. Sifat-sifat fisik yang disasar dalam penelitian ini adalah ukuran fisik partikel debu vulkanik, distribusi sebaran massa partikel debu sebagai fungsi jarak sebar, dan bangun geometrik partikel. Sedangkan sifat kimiawi yang disasar adalah struktur kimiawi molekul atau atom, yang menyusun, partikel debu vulkanik. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa, hubungan antara massa partikel, atau ukuran panjangnya, dan jarak penyebaran, pada satu daya hembusan angin yang sama, bersifat eksponensial (negatif). Sehingga semakin besar ukuran partikel, semakin dekat titik jatuhnya, dan semakin kecil ukuran partikel, semakin jauh titik jatuhnya. Bangun geomterik partikel debu vulkanik bersifat tidak beraturan (irregular), dan dapat memiliki berbaga ukuran mulai beberapa mikrometer, sampai ratusan mikrometer. Unsur kimia yang menyusun partikel debu vulkanik Gunung Semeru adalah bermacam-macam, yang didominasi oleh unsur karbon (C), kemudian diikuti oleh dominansi unsur silikon (Si), aluminum (Al), aalsium (Ca) dan magnesium (Mg). Dominansi unsur pada semua sampel yag diambil di lapangan adalah oleh unsur karbon dan silikon. Perbedaan yang ada dari masing-masing sampel adalah pada tingkat kandungannya, yang bervaiasi.

Kata Kunci: Semeru, debu vulkanik, sebaran, ukuran partikel, unsur kimiawi, karbon, oksigen, silicon.

References

Colleen M. Riley, William I. Rose, and Gregg J. S. Bluth, 2003, Quantitative shape measurements of distal volcanic ash, JOURNAL OF GEOPHYSICAL RESEARCH, VOL. 108, NO. B10, 2504, doi:10.1029/2001JB000818, 2003 .

Cullen, R. T., AD Jones, BG Miller, CL Tran, JMG Davis, K Donaldson, M Wilson, V Stone, A Morgan, 2002, Toxicity of volcanic ash from Montserrat, Napier University, Edinburgh.

International Volcanic Health Hazard Network (IVHHN); website: www.ivhhn.org

Prata, A. J. dan Grant, I. F., 2001, Determination of mass loadings and plume heights of volcanic clouds from satellite data CSIRO Technical Paper 48, CSIRO Dept. of Atmospheric Science, Melbourne, Australia.

Richards, Michael S., 2006, Volcanic Ash Cloud Height Using the MODIS CO2 Slicing Algorithm, Master Thesis, University Wisconsin

Surya Malang; http://suryamalang.tribunnews.com/2016/02/15/jika-gunung-semeru-meletus-5-kecamatan-di-malang-dalam-jangkauan-letusan.

Wikipedia: Gunung Semeru; https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Semeru

Published
2018-03-21
How to Cite
wasis, W. (2018) “Studi Karakterisasi Fisik dan Kimiawi Debu Gunung Semeru”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/702 (Accessed: 4May2024).