Media Promosi Destinasi Pariwisata Melalui Game Petualangan Edukasi Lets’s Explore INDONESIA Tourist Destination

  • Ahmad Ubaidillah Teknik Informatika Universitas Trunojoyo Madura
  • Ahmad Zakky Hidayatullah Teknik Informatika Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Abstrak

Pariwisata merupakan sebuah industri jasa yang digunakan sebagai salah satu pendorong perekonomian dunia. Pariwisata merupakan industri dengan pertumbuhan yang cepat di dunia. Promosi pariwisata sangat penting dan menentukan kemajuan tingkat pengunjung pada suatu tempat pariwisata. Juga berpengaruh bagi kelangsungan tempat pariwisata tersebut. Semakin tinggi angka pengunjung, semakin berhasil promosi pariwisata yang dilakukan dan berdampak pada peningkatan taraf kehidupan masyarakat sekitar. Banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari tempat parisiwata dengan menjadi guide, berdagang, menawarkan penginapan, dan bentuk jasa lain yang dapat menaikkan taraf kehidupan masyarakat sekitar lokasi pariwisata. Semakin meningkat taraf kehidupan masyarakat sekitar lokasi pariwisata, semakin mapan pula pariwisata daerah tersebut. Oleh karena itu kami menggunakan media game interaktif dengan menggunakan construct 2 yang berbasis HTML 5, untuk mempromosikan pariwisata, karena keunggulannya, salah satunya adalah biaya yang lebih hemat di bandingkan dengan mengguanakan poster, flyer, maupun iklan, penyebaran yang lebih luas karena hampir semua orang memiliki handphone dan  memainkan game di handphone mereka, dan sasaran promosi yang tak terbatas karena kita bisa membidik sasaran dari usia muda sampai usia dewasa, dalam game ini juga memberikan edukasi mengenai tempat-tempat pariwisata yang di promosikan, sehingga akan lebih bermanfaat. Kemudahan mengakses game ini membuat game ini bisa di mainkan siapapun dan di manapun dengan menggunakan handphone.

References

Oka A. Yoeti Oka.1983. Pemasaran Pariwisata. Bandung : Angkasa Offet.

Badan Pusat Statistik. (2012, Februari) BPS

[Online].Available:www.bps.go.id/getfile.php?news=904

R.J.C. Chen, "Impacts of International Tourism on Economies in the Asia-Pacific Region: Opportunities and Challenges," Tourism Analysis, Vol. 16, No. 4 2011.

Yoeti,Oka. A. 1993, Komunukasi,Komunikasi dan Humas,Jakarta : Bumi Aksara.

Yoeti, Oka. A. 1995, Pengantar Ilmu Pariwisata, Jakarta : Angkasa.

Soekadijo. R. G. 2000, Anatomi Pariwisata, Memahami Pariwisata Sebagai Sistematic Linkage,Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Wihardjo, Pembelajaran Berbantuan Komputer Untuk Anak, PT. Graha Ilmu, Yogyakarta, 2004.

Peter Schumm, Andreas Wiesebrock, Frank Allgower Ulrich Munz, "Motivation and Learning Progress through Educational Games," IEEE Transaction on Industrial Electronics, vol. 54, no. 6, pp. 3141-3144, Desember 2007.

Susi Yulianti. 2012. Naskah Publikasi:Analisa dan Perancangan Game Edukasi Berbasis Java. YOGYAKARTA : STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

M. Suyanto, Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Andi Offset, Yogyakarta, 2003.

Elita Suratmi ,”Metode Kombinasi”. Available:http://elitasuratmi.wordpress.com/2013/02/11/metode kombinasi/

Published
2015-11-22
How to Cite
Ubaidillah, A. and Hidayatullah, A. Z. (2015) “Media Promosi Destinasi Pariwisata Melalui Game Petualangan Edukasi Lets’s Explore INDONESIA Tourist Destination”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/72 (Accessed: 20July2024).