Kajian Perencanaan Infrastruktur Ruang Terbuka Hijau pada Perumahan Kota Terpadu Mandiri di Bungku Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah

  • Karli na Teknik Sipil Universitas Tadulako Palu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perencanaan infrastruktur ruang terbuka hijau perumahan dan mengetahui proses perencanaan yang belum optimal dengan infrastruktur ruang terbuka hijau di Kota Terpadu Mandiri Kabupaten Morowali. Penelitian ini akan dilakukan di Kota Terpadu Mandiri Kabupaten Morowali dan difokuskan pada kajian perencanaan infrastruktur ruang hijau kawasan  perumahan di Kabupaten Morowali. Adapun tahap - tahap perencanaan infrastruktur ruang terbuka hijau yang di ambil adalah Menentukan faktor yang mempengaruhi ruang terbuka hijau dan mengevaluasi proses perencanaan ruang terbuka hijau yang belum optimal. Data dianalisis dengan analisis AHP (analisis hierarchy process) dan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi perencanaan yang belum optimal dengan infrastruktur RTH secara teknis sudah memadai namun belum sepenuhnya memenuhi standar berkelanjutan. Hasil analisis faktor yang mempengaruhi menggunakan AHP menunjukan prioritas pertama fungsi ekologi, prioritas kedua fungsi ekonomi, prioritas ketiga fungsi sosial budaya dan prioritas keempat fungsi arsitektural.

Kata Kunci: ruang terbuka hijau, infrastruktur, kota terpadu mandiri.

References

Amiany, Rahayu, dan Siswadi, (2012). Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Flamboyan Bawah. Universitas Palangkaraya.

Nurdiansyah. F, Bambang. Nur, Purnaweni. H, (2012). Strategi Peningkatan Dan Penyediaan Ruang Terbuka Hijau Privat Rumah Tinggal Di Kawasan Perkotaan (Studi Kasus Di Kelurahan Panjunan, Kudus). Vol. IV No. 3

Alifia, N, Purnomo, Y. (2016). Identifikasi Letak Dan Jenis Ruang Terbuka Hijau Di Kawasan Permukiman Perkotaan. Jurnal Arsitektur Langkau Betang. Vol 4 No 1, April, Universitas Tanjungpura.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, (2006), Paradigma Baru Pembangunan Kawasan Transmigrasi Menuju Terbentuknya Kota Mandiri Terpadu.

Published
2018-03-21
How to Cite
na, K. (2018) “Kajian Perencanaan Infrastruktur Ruang Terbuka Hijau pada Perumahan Kota Terpadu Mandiri di Bungku Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/724 (Accessed: 22June2024).