Rancangan Awal Prototipe Miniatur Pembangkit Tegangan Tinggi Searah Tiga Tingkat dengan Modifikasi Rangkaian Pengali Cockroft-Walton

  • Waluyo Waluyo Program Studi Teknik Elektro, Itenas, Bandung
  • Syahrial Syahrial Program Studi Teknik Elektro, Itenas, Bandung
  • Sigit Nugraha Program Studi Teknik Elektro, Itenas, Bandung
  • Yudhi Permana JR Program Studi Teknik Elektro, Itenas, Bandung

Abstract

Tegangan tinggi searah merupakan salah satu sarana yang digunakan pada berbagai pengujian bahan isolasi dan digunakan pada layar tabung. Selain itu, tegangan tinggi arus searah juga digunakan pada saluran transmisi daya listrik. Dengan demikian tegangan tinggi arus searah sangat diperlukan keberadaannya. Makalah ini memaparkan hasil penelitian berupa rancangan prototipe miniatur pembangkit tegangan tinggi searah dengan modifikasi pengali Cockroft-Walton. Studi dalam rancangan prototipe ini, tegangan rendah bolak-balik disearahkan terlebih dahulu dan selanjutnya ditingkatkan dengan modifikasi rangkaian Cockroft-Walton voltage multiplier. Hasil tegangan keluaran dari rangkaian ini merupakan bentuk tegangan tinggi searah. Bentuk tegangan tinggi arus searah keluaran di-tap (disadap) dengan suatu resistive voltage divider, sehingga bentuk gelombang tegangan arus searah dapat diukur dan direkam dengan storage digital oscilloscope. Dari hasil rancangan untuk tiga tingkat diperoleh tegangan yang terukur sebesar 3750 Volt DC, dimana hubungan antara tegangan output DC terhadap tegangan input AC berbentuk linier.

References

Wadhwa,C.L., High Voltage Engineering (Second Edition), New Age International (P) Limited, Publishers, 2007, pp.81.

Naidu, M, High Voltage Engineering, McGraw Hill Professional, 1999.

Waluyo, , ‘Rancangan Prototipe Miniatur Pembangkit Tegangan Tinggi Impulse dengan Parameter Variabel dan Pemanfaatan Tegangan Keluaran Pengali Cockroft-Walton sebagai Sarana Pengujian Isolasi’ Laporan Kemajuan Penelitian, Lembaga Penelitian dan Pemberdayaaan Masyarakat, Institut Teknologi Nasional, Bandung 2014.

Published
2015-11-23
How to Cite
Waluyo, W., Syahrial, S., Nugraha, S. and Permana JR, Y. (2015) “Rancangan Awal Prototipe Miniatur Pembangkit Tegangan Tinggi Searah Tiga Tingkat dengan Modifikasi Rangkaian Pengali Cockroft-Walton”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/74 (Accessed: 26April2024).