Kendali Robot Pemonitor Jarak Jauh Berbasis Smartphone Android Implementasi Sistem Dan Analisis Kualitas Video Streaming

  • Sisdarmanto Adinandra
  • Wisnu Ainun Pangestu
  • Alvin Sahroni

Abstract

Teknologi robotika, khususnya robot beroda telah mengalami perkembangan yang pesat. Kemajuan di bidang teknologi nirkabel mempermudah pengendalian robot jauh. Sebagai salah satu protokol komunikasi nirkabel, WIFI dapat digunakan untuk mengirimkan data berupa teks, suara ataupun gambar dalam bentuk video streaming. Kualitas video streaming dipengaruhi oleh frame rate dan frame size. Penelitian ini membahas tentang pembuatan kendali robot jarak jauh yang dikendalikan dengan perangkat android secara nirkabel dan dapat melihat hasil streaming dari kamera pada robot dengan perangkat android yang sama. Pengujian dilakukan dalam kondisi indoor dan outdoor dengan menggunakan tiga merk smartphone yang berbeda sebagai pengendalinya serta variasi frame rate dan frame size. Dari hasil pengujian indoor didapatkan bahwa smartphone C memberi hasil streaming pada jarak yang terjauh. Sedangkan untuk pengujian outdoor, smartphone  A memberikan hasil streaming yang terbaik. Selain itu dibuktikan juga bahwa semakin tinggi frame rate dan frame size maka jarak maksimal streaming akan lebih pendek.

References

Heriman, L. , Gunardi, H. dan Wilidarma, T., (2007). Implementasi dan Analisis Unjuk Kerja Video Streaming Pada Jaringan Kabel dan Nirkabel Dengan Metode Multicast. Jakarta.

Innovative Electronics, [Online], Diakses di: http://innovativeelectronics.com/index.php?pg=ie_pdet&idp=182. [2013].

Noor, M. O., dan Afandi, A., (2005). Perancangan dan Implementasi Aplikasi Video Streaming Berbasis Web. Jakarta.

Pradana, F. A. , Mazharuddin, A., dan Suardinata, I. W., (2011). Rancang Bangun Aplikasi Berpindah Pengendali Robot Berbasis Android Menggunakan Koneksi Bluetooth.

Pramono, A., Mazharuddin, A., dan Studiawan, H., Aplikasi Pemantauan Lalu Lintas Mobil Dengan Menggunakan Sensor Gerak dan Mikrokontroler Arduino. Surabaya.

Saleh, K., (2011). Rancang Bangun Robot Pemantau Wireless Berbasis Mikrokontroler ATmega8535 Menggunakan Bahasa Basic. Jurnal Penelitian Sains, vol. XIV, no.4.

Simanjuntak, M. G., (2012). Perancangan Prototipe Smart Building Berbasis Arduino UNO. Medan.

Syahid, (2012). Rancang Bangun Robot Beroda Berbasis Android Menggunakan Komunikasi USB, vol. I, pp.33-42.

Published
2015-11-29
How to Cite
Adinandra, S., Ainun Pangestu, W. and Sahroni, A. (2015) “Kendali Robot Pemonitor Jarak Jauh Berbasis Smartphone Android Implementasi Sistem Dan Analisis Kualitas Video Streaming”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/78 (Accessed: 15June2024).