EKSTRAKSI MODEL PROSES BISNIS PADA APLIKASI WEB E-COMMERCE DENGAN WEB MINING

  • Kartina Diah Kesuma Wardhani Teknik Informatika,Politeknik Caltex Riau
  • Dini Nurmalasari Teknik Komputer, Politeknik Caltex Riau

Abstract

 

Saat awal proses bisnis yang berjalan pada sebuah perusahaan maupun organisasi dimodelkan setelah melalui proses requirement elicitation pada tahap analisis dalam Software Development Life Cycle (SDLC). Proses ini membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang besar jika stakeholder yang berkepentingan berada pada jarak dan ruang yang berjauhan. Keberhasilan implementasi e-commerce merupakan proses perbaikan berkelanjutan yang cepat dan bijak terhadap proses bisnis dalam menyikapi perubahan perilaku dan kebutuhan konsumen. Untuk menyikapi perubahan tersebut sistem e-commerce dapat merekam aktivitas konsumen di toko “virtual”, termasuk apa yang konsumen lihat, apa yang dimasukkan ke dalam keranjang belanja, dan sebagainya dalam bentuk data log. Penelitian ini memberi kontribusi dengan menggunakan teknologi web mining untuk mengekstrak model proses bisnis pada aplikasi e-commerce yang berasal dari data log hingga menghasilkan sebuah model proses bisnis bagi aplikasi e-commerce. Model proses bisnis yang dihasilkan dapat digunakan sebagai rekomendasi bagi pengembang aplikasi e-commerce dalam mengembangkan aplikasi tanpa melakukan tahapan analisis dan desain.

References

Cooley, R., Mobasher, B., & Srivastava, J. (2013). Data Preparation for Mining World Wide Web Browsing Patterns. Knowledge and Information Systems, 1(1), 5–32. doi:10.1007/BF03325089

Gomes, M. (2005). Web Structure Mining : An Introduction. IEEE International Conference on Information Acquisition, 590–595.

Grace, L. K. J., & Nagamalai, D. (2011). Analysis Of Web Logs And Web User In Web Mining. arXiv preprint arXiv:1101.5668., 3(1), 99–110.

Han, J., Kamber, M. (2000). Data mining: concept and techniques. Morgan Kaufmann Publisher.

Hickey, A. M., & Davis, A. M. (2003). Elicitation technique selection: how do experts do it? Journal of Lightwave Technology, 169–178. doi:10.1109/ICRE.2003.1232748

Mulla, N., & Girase, S. (2012). A New Approach To Requirement Elicitation Based On Stakeholder Recomendation And Collaborative Filtering. IJSEA, 3(3), 51–60.

Patel, K. B., Chauhan, J. A., & Patel, J. D. (2011). Web Mining in E-Commerce : Pattern Discovery , Issues and Applications. International Journal of P2P Network Trends and Technology, 1, 40–45.

Sharma, K. (2011). Web Mining : Today and Tomorrow. Electronics Computer Technology (ICECT), 2011 3rd International Conference, (Icect), 399–403.

Sommerville, I. (n.d.). Software Engineering (7th ed.).

Vellingiri, J., & Pandian, S. C. (2011). A Survey on Web Usage Mining. Global Journal of Computer Science and Technology, 11(4).

Wang, Y. (2000). Web Mining and Knowledge Discovery of Usage Patterns. CS748T Project (Part I), (Part I), 1–25.

Published
2015-11-29
How to Cite
Diah Kesuma Wardhani, K. and Nurmalasari, D. (2015) “EKSTRAKSI MODEL PROSES BISNIS PADA APLIKASI WEB E-COMMERCE DENGAN WEB MINING”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/82 (Accessed: 16June2024).