Aplikasi Platform Resilient Berbasis Mobile Untuk Manajemen Bencana

  • Wiratmoko Yuwono Departemen Teknik Informatika dan Komputer, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)
  • Idris Winarno Departemen Teknik Informatika dan Komputer, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)
  • Tri Harsono Departemen Teknik Informatika dan Komputer, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Abstract

Sistem Informasi kebencanaan sangatlah dibutuhkan guna memberikan akses informasi yang seluas-luasnya kepada masyarakat. Semakin cepat dan akurat informasi yang disampaikan maka sistem deteksi, evakuasi dan penangan bencana dapat dilakukan sedini mungkin.Sistem kebencanaan terdiri dari berbagai macam aplikasi yang terpadu dalam satu kesatuan sehingga pengguna dapat dengan mudah memperoleh informasi yang dibutuhkan. Aplikasi-aplikasi yang dibangun untuk mendukung sistem informasi kebencanaan berasal dari berbagai sistem yang bermacam-macam jenis teknologinya, maka dibutuhkan sebuah platform yang fleksibel yang dapat menjembatani aplikasi-aplikasi tersebut agar dapat menjadi satu kesatuan yang padu. Pada penelitian ini dibangun aplikasi yang dapat dijalankan pada platform yang berbeda. Aplikasi berupa aplikasi berbasis mobile. Hasil dari aplikasi ini, dapat menjembatani data kebencanaan dari aplikasi lainnya, kedalam satu aplikasi kebencanaan platform resilient. Pada pengujian beberapa device mobile, aplikasi dapat berjalan dengan optimal.

References

Harsono Tri, Winarno Idris, Yuwono Wiratmoko.“Desain Platform Resilient Untuk Manajemen Bencana”. Penelitian Unggul Perguruan Tinggi PENS 2013.

Pemerintah Lamban Tangani Bencana “ http://www.koran-sindo.com/node/359480“ (Last Updated - 09Juli 2013 - 19:00).

Wikipedia. (t.thn.). WSDL. Dipetik April5, 2013, dari Wikipedia: http://id.wikipedia.org/wiki/WSDL.

Penjelasan MySQL “http://id.wikipedia.org/wiki/ MySQL“ (Last Updated - 05Maret 2014 - 19:00).

Wikipedia. (t.thn.). Layanan Web. Dipetik September 26, 2013, dari Wikipedia: http:// id.wikipedia.org/wiki/Layanan_web

Rizki Aditya.“Mengenal wsdl dan struktur”. Dipetik Juni 6, 2012 dari Website: http:// www.adityarizki.net/2012/06/mengenal-wsdl-dan-strukturnya-dalam-web-service/.

Rackham, “Simple PHP MySQL Class”. Dipetik Agustus 17, 2010, dari Website:http:// edrackham.com/php/simple-php-mysql-class.

Phonegap, help. ”http://docs.phonegap.com/en/ 3.5.0/index.html” (Last Updated - October 2012).

Penanggunalan Bencana “http://arifrohmansocialworker.blogspot.com/2012/09/telaahan-sistem-terpadu-penanggulangan.html”. (Last Updated - October 2009).

Koopman Dave. “Nusoap WSDL service return array of complex data”. Dari Website :http://www.koopman.me/2008/01/nusoap-wsdl-service-return-array-of-complex-data. (Last Updated - 28Jan 2008)

Published
2015-12-04
How to Cite
Yuwono, W., Winarno, I. and Harsono, T. (2015) “Aplikasi Platform Resilient Berbasis Mobile Untuk Manajemen Bencana”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/87 (Accessed: 16June2024).