Perhitungan Cadangan Dan Desain Pit Pada PT. Kaltim Prima Coal Sangatta, Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur

  • Satrio Ramadhan UPN "V" Yogyakarta
  • Silky Amanda Yuniar UPN "V" Yogyakarta
  • Irwin Tisna Amidyaja Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

PT. Kaltim Prima Coal merupakan perusahaan pemegang Kuasa Pertambangan Eksplorasi Bahan Galian Batubara berdasarkan Keputusan Bupati Sangatta Nomor 647 Tahun 2009 yang ditandatangani pada tanggal 31 Desember 2009 berlaku untuk jangka waktu selama 5 (lima) tahun. Di dalam melakukan kegiatan penambangannya PT. Kaltim Prima Coal memerlukan desain tambang sebagai pedoman atau pegangan agar dapat mencapai sasaran dan tujuannya. Sebelum suatu wilayah dilakukan kegiatan penambangan perlu di lakukan perencanaan dan perancangan yang baik, diantaranya : model endapan batubara, perhitungan cadangan tertambang, penentuan pit limit berdasarkan nilai SR, perancangan tambang, sehingga mendapatkan gambar mengenai situasi, kondisi, dan arah penambangan. Hal tersebut melatar belakangi di lakukannya penelitian Desain Pit PT. Kaltim Prima Coal.

            Penelitian dikerjakan dengan bantuan software Minescape 4.118, Nilai Striping Ratio  (SR) yang digunakan dalam penentuan batas penambangan, dimana dalam penelitian diperoleh SR 1.47. Penentuan permodelan batubara dibatasi pada daerah IUP PT. Kaltim Prima Coal. Serta batas penambangan dan perancangan pit mengacu pada rekomendasi yang telah ditentukan oleh perusahaan.

               Hasil penelitian telah dilakukan yaitu mendapatkan permodelan batubara yang dapat di lihat pada gambar-gambar yang ada di peta. Sumberdaya untuk area perencanaan penambangan pada PT. Kaltim Prima Coal adalah sebesar 11.643.110,04  ton. Volume overburden untuk daerah rencana penambangan 16.116.389,99 BCM.

Author Biographies

Satrio Ramadhan, UPN "V" Yogyakarta
Jurusan Magister Teknik Pertambangan
Silky Amanda Yuniar, UPN "V" Yogyakarta
Magister Teknik Pertambangan Konsentrasi Lingkungan Pertambangan
Irwin Tisna Amidyaja, Universitas Lambung Mangkurat
Jurusan Teknik Pertambangan.
Published
2018-11-26
How to Cite
Ramadhan, S., Yuniar, S. A. and Amidyaja, I. T. (2018) “Perhitungan Cadangan Dan Desain Pit Pada PT. Kaltim Prima Coal Sangatta, Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/891 (Accessed: 22June2024).