Perancangan dan Kalibrasi Timbangan Digital

  • Sabat Anwari Mochtar Institut Teknologi Nasional

Abstract

Sistem pengukuran massa biasanya dilakukan secara manual yaitu dengan menggunakan timbangan manual. Sistem penimbangan yang dilakukan saat ini masih secara manual dianggap kurang efesien karena membutuhkan waktu yang cukup lama jika dilakukan secara berulang kali. Untuk mengatasi hal ini, maka dirancanglah suatu alat timbangan elektronik menggunakan mikrokontroler Arduino Uno sebagai pengendali dan load cell sebagai sensor. Pada saat alat mendeteksi adanya beban, maka secara otomatis sensor akan membaca dan mengirimkan sinyal ke mikrokontroler yang selanjutnya berat suatu benda akan ditampilkan oleh LCD. Alat ini dikalibrasi menggunakan metode least square agar didapatkan akurasi dengan ketidakpastian 0.13 kg.Kata kunci: Mikrokontroller Arduino Uno, LCD, load cell, kalibrasi

Author Biography

Sabat Anwari Mochtar, Institut Teknologi Nasional
Jurusan Teknik Elektro

References

Hidayani TU, Miharani T, Rahman A, Hermanto D. Rancang Bangun Timbangan Buah Digital Dengan Keluaran Berat Dan Harga. Jurnal Eprints MDP. 2013; 917(1):1-10.

Furqan, A. A. Rancang Bangun Timbangan Beras Digital Dengan Keluaran Berat Dan Harga Berbasis Mikrokontroler. Skripsi. Makassar : Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Alauddin; 2016.

Manege PMN, Allo EK, Bahrun. Rancang Bangun Timbangan Digital Dengan Kapasitas 20Kg Berbasis Microcontroller ATMega8535. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer. 2017; 6(1).

Latif Z, Wahjudi A, Sudarmanta B. Rancang Bangun Sistem Pengukuran Pada Alat Kalibrasi Sensor Gas Oksigen (O2). Jurnal Teknik Pomits. 2014; 1(2).

Becker JH, et al. Instrument Calibration with Toxic and Hazardous Materials. Ind. Hyg. News. July. 1983.

Nugraha DA. Timbangan Gantung Digital Dengan Sensor Hx711 (Load Cell) Berbasis Arduino Uno. Projek Akhir. Medan : Universitas Sumatera Utara; 2017.

Anwari S. Kalibrasi Sistem Pengukuran. Prosiding Seminar Nasional SNETO 2017, ISSN:1234-5678.

Published
2018-11-24
How to Cite
Mochtar, S. A. (2018) “Perancangan dan Kalibrasi Timbangan Digital”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/900 (Accessed: 22June2024).