MINI SCADA BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 32 DENGAN KOMUNIKASI MODBUS RS 485 DAN SISTEM MONITORING MENGGUNAKAN VISUAL BASIC

  • Medilla Kusriyanto Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
  • Muhammad Syariffudin Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Abstract

Perkembangan sistem automasi sebagai sarana mempermudah pekerjaan manusia sangat pesat. SCADA merupakan sistem automasi yang bisa menghubungkan beberapa perangkat keras yang disebut sebagai SLAVE dengan satu perangkat yang disebut sebagai MASTER dengan berbagai macam protokol sistem komunikasi. SCADA dewasa ini masih terintegrasi dengan PLC sebagai komponen utama. Penelitian ini mengangkat sistem SCADA dengan menggunakan mikrokontroler keluarga AVR yang terdiri dari 2 mikrokontroler sebagai SLAVE dan satu mikrokontroler sebagai master. Sistem ini menggunakan protokol komunikasi Modbus dengan memanfaatkan IC MAX 485 sebagai antarmukanya. Sistem digunakan untuk memonitor suhu di 2 tempat yang berbeda dan dimonitor menggunakan PC yang terintegrasi dengan sistem monitoring secara real time. Sistem monitoring dirancang menggunakan bahasa Visual Basic 6. Hasil percobaan mendemontrasikan sistem dapat berfungsi sebagai sistem monitoring dengan menggunakan protokol komunikasi Modbus secara real time.

References

Huda, Miftahul. Protokol Komunikasi Modbus RTU pada Otomasi Industri. Tenaga profesiaonal. Yogyakarta.

Dwipradipta, Andhika, (2008) Perancangan SCADA pada Plant Sistem Pengolahan Air Limbah’. Makalah Tugas Akhir. UNDIP. Semarang.

Sivasothy, Sivakumar, (1998) Transcivers and Repeaters Meeting The EIA RS-485 Interface Standart, National Semiconduktor.

Nelson, Todd (1995). The Practical Limits Of RS-485. National Semiconductor.

Sudjadi, (2005) Teori Dan Aplikasi Mikrokontroller. Graha Ilmu. Semarang.

________, (1996) Modicon Modbus Reference Guide PI-MBUS 300, Modicon Inc., North Andover, Massachusetts.

Published
2015-12-06
How to Cite
Kusriyanto, M. and Syariffudin, M. (2015) “MINI SCADA BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 32 DENGAN KOMUNIKASI MODBUS RS 485 DAN SISTEM MONITORING MENGGUNAKAN VISUAL BASIC”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/92 (Accessed: 15June2024).