Perancangan Prototype Smart Home System dengan Internet of Things

  • Muhammad Yoga Prabowo Universitas Islam Indonesia
  • Almira Budiyanto Universitas Islam Indonesia
  • Ida Nurcahyani Universitas Islam Indonesia
  • Sisdarmanto Adinandra Universitas Islam Indonesia

Abstract

Pencurian menjadi salah satu latar belakang berkembangnya smart home system. Sistem pengaman seperti Closed Circuit Television atau CCTV tidak dapat bertindak banyak disaat terjadi pencurian. Dengan adanya prototype smart home ini, diharapkan masyarakat sadar akan teknologi dan pentingnya keamanan rumah. Oleh karena itu, hadir sebuah prototype smart home system yang dapat mengendalian penguncian pintu, lampu dan jalur listrik dengan akses pengendalian yang mudah. Metode pengendalian yang digunakan yaitu easy one click control, yaitu dengan menekan tombol yang ada pada halaman web dan sistem akan melakukan perintahnya, untuk pengendalian penguncian pintu terdapat sensor infra-red (IR) yang dapat mendeteksi pintu yang telah terkunci dan menampilkannya pada halaman web. Layanan yang digunakan untuk menampilkan panel kendali pada halaman web browser yaitu menggunakan lokal web server pada nodeMCU, yang kemudian dapat diakses melalui perangkat yang dapat mengakses web seperti smartphone, pc, laptop dan yang lain. Hasil yang didapatkan nodeMCU tidak dapat menangkap sinyal dan melakukan aksi kendali pada jarak 18 meter. Dengan adanya sistem ini, pengguna diharapan dapat meningkatkan efisiensi waktu.

References

D. Hendricks, “The History of Smart Homes,” 2014. [Online]. Available: http://www.iotevolutionworld.com/m2m/articles/376816-history-smart-homes.htm. [Accessed: 12-Mar-2018].

B. C. Chifor, I. Bica, V. V. Patriciu, and F. Pop, “A security authorization scheme for smart home Internet of Things devices,” Futur. Gener. Comput. Syst., vol. 86, no. 48, pp. 740–749, 2017.

S. Kumar, “Ubiquitous Smart Home System Using Android Application,” Int. J. Comput. Networks Commun., vol. 6, no. 1, pp. 33–43, 2014.

M. R. Alam, M. B. I. Reaz, and M. A. M. Ali, “A Review of Smart Homes—Past, Present, and Future,” IEEE Trans. Syst. Man, Cybern. Part C (Applications Rev., vol. 42, no. 6, pp. 1190–1203, 2012.

H. L. Liaw, “HTTP, WEB SERVERS & WEB SERVICES.” [Online]. Available: https://www.ischool.utexas.edu/~i385f/archive/liaw_h/http-webpaper.htm. [Accessed: 25-Sep-2018].

Anuradha.R.S, Bharathi.R, Karthika.K, and K. . S.Venkatasubramanian, “Optimized Door Locking and Unlocking Using IoT for Physically Challenged People,” Int. J. Innov. Res. Comput. Commun. Eng., vol. 4, no. 3, pp. 3397–3401, 2016.

Published
2018-11-24
How to Cite
Prabowo, M. Y., Budiyanto, A., Nurcahyani, I. and Adinandra, S. (2018) “Perancangan Prototype Smart Home System dengan Internet of Things”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/922 (Accessed: 18April2024).