Rancang Bangun Smart Greenhouse untuk Budidaya Tanaman Cabai (Capsicum Annum L.) dengan OS Android

  • Ammrita Rakhmi Firdhausi Universitas Islam Indonesia
  • Almira Budiyanto Universitas Islam Indonesia
  • Ida Nurcahyani Universitas Islam Indonesia

Abstract

Di Indonesia cabai dapat ditanam di berbagai lahan namun, produksi cabai kurang bagus dan peningkatannya tidak sebanding dengan pesatnya kebutuhan pasar. Beberapa faktor juga menjadi kendala diantaranya adalah musim hujan yang panjang, sinar matahari yang kurang efisien, dan serangan dari hama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan desain prototipe sistem Smart Greenhouse. Teknologi yang diterapkan pada Smart Greenhouse berupa monitoring terhadap suhu, kelembapan dan keberadaan cahaya. Selain itu, pengendalian lampu, pompa air, pemanas dan kipas dapat dilakukan secara otomatis berdasarkan nilai parameter yang terbaca dari sensor. Monitoring dapat dilihat pada smartphone Android via Wi-Fi. Monitoring dan otomatisasi pada penelitian ini telah sesuai dengan kondisi yang diharapkan. Pengujian terhadap monitoring sensor dan actuator pada smartphone telah mencapai target yang diinginkan. Actuator telah bekerja dengan baik dan sesuai dengan syarat parameter. Pertumbuhan tanaman sendiri setelah dibandingkan memiliki perbedaan nilai, untuk cabai didalam Smart Greenhouse (Sample A) memiliki nilai keefektifan pertumbuhan sebesar 93,32% sedangkan cabai diluar Smart Greenhouse (Sample B) memiliki nilai keefektifan pertumbuhan sebesar 80,19%.

References

A. Marliah, M. Nasution, and Armin, “Pertumbuhan dan Hasil Beberapa Varietas Cabai Merah Pada Media Tumbuh Yang Berbeda,” J. Floratek 6, pp. 84–91, 2011.

R. Vebriansyah, Tingkatkan Produktivitas Cabai. Jakarta: Penebar Swadaya, 2018.

D. Rizqi Nurfalach, “Budidaya Tanaman Cabai Merah (Capsicum annum L.) di UPTD Perbibitan Tanaman Hortikultura Desa Pakopen Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang,” p. 51, 2010.

BKP-Kementan, “Perkembangan Neraca Bahan Makanan (NBM).,” p. 48, 2017.

Badan Pusat Statistik; Direktorat Jenderal Hortikultura, “Luas Panen Cabai Rawit Menurut Provinsi , 2012-2016,” 2017.

Badan Pusat Statistik; Direktorat Jenderal Hortikultura, “Produktivitas Cabe Rawit Menurut Provinsi Tahun 2011-2015,” 2017.

A. Khaldun, I. Arif, and F. Abbas, “Design and Implementation a Smart Greenhouse,” Int. J. Comput. Sci. Mob. Comput., vol. 4, no. 8, pp. 335–347, 2015.

A. Gaikwad, A. Ghatge, H. Kumar, and K. Mudliar, “Monitoring of Smart Greenhouse,” Int. Res. J., vol. 3, no. 11, pp. 573–575, 2016.

S. Yatmono, “Pengembangan Aplikasi User Interface Android unutk Pengukur Jarak berbasis Arduino dan Bluetooth,” J. Edukasi Elektro, vol. 1, no. 2, pp. 134–138, 2017.

Published
2018-11-24
How to Cite
Firdhausi, A. R., Budiyanto, A. and Nurcahyani, I. (2018) “Rancang Bangun Smart Greenhouse untuk Budidaya Tanaman Cabai (Capsicum Annum L.) dengan OS Android”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/927 (Accessed: 22June2024).