NERACA SERTA POTENSI SUMBERDAYA BATU ANDESIT DI KOTA SINGKAWANG PROVINSI KALIMANTAN BARAT

  • Muhammad Fadil Iqbal UPN VETERAN YOGYAKARTA
  • Wawong Dwi Ratminah UPN Veteran Yogyakarta

Abstract

Kegiatan pertambangan di Kota Singkawang kini semakin meluas salah satunya adalah kegiatan pertambangan batu andesit di Kota Singkawang. Potensi batu andesit di Kota Singkawang ini cukup besar. Bahan galian batu andesit yang bernilai ekonomis dan layak tambang ini yang menarik  para investor untuk menanamkan modalnya, maka sektor pertambangan diharapkan dapat menjadi andalan penunjang perekonomian di daerah khususnya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Penyusunan neraca sumberdaya batu andesit di Kota Singkawang mengikuti Petunjuk Teknis Neraca Sumberdaya Alam Spasial Nasional Buku 4 Penyusunan Sumberdaya Mineral dan Batubara Spasial tahun 2011. Tahapan penyusunan inventarisasi potensi sumberdaya batu andesit di Kota Singkawang, inventarisasi ini menjadi data sumberdaya awal yaitu aktiva setelah dikalikan dengan harga jual batu andesit pada saat ini. Pemanfaatan atau produksi batu andesit akan mengisi kolom pasiva setelah dikalikan dengan harga batu andesit saat ini. Nilai aktiva yang sudah ada kemudian dikurangi dengan nilai pasiva untuk mendapatkan nilai saldo akhir neraca sumberdaya batu andesit. Dari hasil penelitian neraca serta potensi sumberdaya batu andesit di Kota Singkawang didapat nilai aktiva sebesar Rp. 275.097.421.420.000,- dan pasiva sebesar Rp. 67.280.560.000,- didapat saldo akhir sumberdaya batu andesit sebesar Rp. 275.030.140.860.000,- pada tahun 2015. Dari hasil ini dapat dilihat peningkatan potensi di sektor usaha pertambangan batu andesit dalam peningkatan pendapatan asli daerah di Kota Singkawang bila dikelola dengan baik dan benar.

Kata Kunci: neraca sumberdaya, sumberdaya

Author Biography

Muhammad Fadil Iqbal, UPN VETERAN YOGYAKARTA
Magister Teknik Pertambangan
Published
2018-11-26
How to Cite
Iqbal, M. F. and Ratminah, W. D. (2018) “NERACA SERTA POTENSI SUMBERDAYA BATU ANDESIT DI KOTA SINGKAWANG PROVINSI KALIMANTAN BARAT”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/972 (Accessed: 22June2024).