PERBANDINGAN ESTIMASI CADANGAN ANDESIT MENGGUNAKAN METODE CROSS SECTION DAN CONTOUR DIDUSUN GRINDANG, DESA HARGOMULYO, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA

  • Achmad Reza Kurniawan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
  • Wawong Dwi Ratminah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

Abstract

Desa Hargomulyo memiliki daerah potensi tambang bahan galian Andesit. Lokasi penelitian berada di Desa Hargomulyo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Daerah ini berdekatan dengan area pembangunan bandara internasional baru di Yogyakarta,sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan bahan galian andesit sebagai tanah urug. Berdasarkan hasil eksplorasi yang telah dilakukan,potensi Andesit di daerah penelitian memiliki prospek untuk dilakukan pengusahaan. Perhitungan cadangan berperan penting dalam menentukan jumlah, kualitas, dan kemudahan dalam menentukan daerah-daerahyang bisa ditambang. Sebab dari hasil perhitungan cadangan yang baik dan akurat yang sesuai dengan keberadaannya dilapangan dapat menentukan investasi yang akan ditanam oleh investor sebagai penanaman modal dalam usaha penambangan, penentuan kerja produksi, cara penambangan yang akan dilakukan,bahkan dalam memperkirakan waktu yang akan dibutuhkan oleh perusahaan dalam melaksanakan usaha penambangannya.

Author Biography

Achmad Reza Kurniawan, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Jurusan Teknik Pertambangan
Published
2018-11-24
How to Cite
Kurniawan, A. R. and Ratminah, W. D. (2018) “PERBANDINGAN ESTIMASI CADANGAN ANDESIT MENGGUNAKAN METODE CROSS SECTION DAN CONTOUR DIDUSUN GRINDANG, DESA HARGOMULYO, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/975 (Accessed: 18June2024).