RENCANA TEKNIS DALAM PENCEGAHAN AIR ASAM TAMBANG DENGAN METODE ENCAPSULATION PADA PENAMBANGAN BATUBARA DI PT. AGRO CITY KALTIM KECAMATAN LONG IRAM KABUPATEN KUTAI BARAT PROPINSI KALIMANTAN TIMUR

  • Herlando Bubala UPN "Veteran" Yogyakarta
  • Dimas Pamungkas Jaluahimsa UPN "Veteran" Yogyakarta
  • M Nurcholis UPN "Veteran" Yogyakarta

Abstract

PT. Agro City Kaltim merupakan perusahaan tambang batubara yang terletak di Kecamatan Long Iram, Kabupaten Kutai Barat, Propinsi Kalimantan Timur. Perusahaan ini berencana menggunakan sistem tambang terbuka. PT. ACK merencanakan melakukan kegiatan penambangan di dua pit, yaitu Pit 1 dan Pit 2 dengan memindahkan material tanah penutup (Overburden atau OB) sebanyak 19671 BCM dan material PAF (Potential Acid Forming) sebanyak 10.100 BCM atau sebesar 0,5% dari total OB yang akan dipindahkan dan material NAF (Non Acid Forming) sebanyak 1.877.400 BCM atau sebesar 99,5%. Dalam pengembangan rencana penambangan di PT. Agro City Kaltim dibutuhkan analisa mengenai pencegahan air asam tambang.

Air Asam Tambang terbentuk akibat terjadinya proses oksidasi antara mineral sulfide, air, dan udara, sehingga harus dilakukan pencegahan agar tidak terjadi kontak antara ketiga elemen tersebut. Pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan penanganan terhadap tanah penutup yang berpotensi pembentuk asam.

Dalam mencegah terbentuknya Air Asam Tambang, maka timbunan (penempatan) material PAF dan NAF tersebut haruslah direncanakan dan dijadwalkan dengan baik agar tidak terjadi kontak antara air, udara dan mineral sulfida yang berasal dari material PAF. Desain timbunan terpengaruh oleh beberapa faktor, yaitu :

  1. Jumlah dan persentase material batuan penutup yang akan ditimbun.
  2. Topografi daerah penimbunan.

Lokasi penimbunan yang digunakan adalah outpit dump (material tanah penutup ditimbun di luar lokasi pit) yaitu di area disposal 1 dan area disposal 2. Metode yang digunakan untuk menangani material PAF adalah Metode Kapsulasi PAF yaitu menempatkan material PAF di dalam disposal dan dilapisi oleh  material NAF. Penentuan tebal material NAF untuk kapsulasi adalah 10m – 20m, dalam penelitian ini disimpulkan bahwa material NAF dapat melapisi PAF dengan ketebalan hingga 12,5m karena material NAF yang terdapat pada tanah penutup yang akan dipindahkan oleh PT. ACK mencukupi untuk membentuk lapisan tersebut (Volume NAF sebanyak 1.877.400 BCM atau sebesar 99,5% dari keseluruhan volume tanah penutup dan volume PAF sebanyak 10.100 BCM atau sebesar 0,5% dari keseluruhan volume tanah penutup).

Author Biographies

Herlando Bubala, UPN "Veteran" Yogyakarta
Magister UPN Veteran Yogyakarta
Dimas Pamungkas Jaluahimsa, UPN "Veteran" Yogyakarta
Alumni Teknik Pertambangan
M Nurcholis, UPN "Veteran" Yogyakarta
Dosen Teknik Pertambangan
Published
2018-11-26
How to Cite
Bubala, H., Jaluahimsa, D. P. and Nurcholis, M. (2018) “RENCANA TEKNIS DALAM PENCEGAHAN AIR ASAM TAMBANG DENGAN METODE ENCAPSULATION PADA PENAMBANGAN BATUBARA DI PT. AGRO CITY KALTIM KECAMATAN LONG IRAM KABUPATEN KUTAI BARAT PROPINSI KALIMANTAN TIMUR”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/982 (Accessed: 19July2024).