PENERAPAN METODE KRIGING PADA PEMODELAN ANDESIT MENGGUNAKAN DATA GEOLISTRIK DAERAH GUNUNG KALI SONGGO KULON PROGO YOGYAKARTA

  • hidayatullah sidiq Prodi Teknik Pertambangan Sekolah Tinggi Teknologi Nasional, Yogyakarta, Indonesia
  • Andyono B. Santoso Institut Teknologi Sains Bandung
  • Rizqi Prastowo Sekolah Tinggi Teknologi Nasional

Abstract

Industri pertambangan khususnya komoditas batuan seperti andesit saat ini sedang meningkat seiring peningkatan pembangunan infrastruktur berkelanjutan di Indonesia. Untuk itu perlu dilakukan eksplorasi dan estimasi sebaran andesit yang optimal, baik menggunakan data awal eksplorasi geolistrik maupun hasil pemboran. Geostatistik merupakan teknik analisis untuk mengukur distribusi suatu fenomena berdasarkan keruangan. Kriging adalah salah satu metode yang digunakan dalam analisis geostatistik dan sering digunakan untuk estimasi sumberdaya berdasarkan data kualitas hasil pemboran. Pada penelitian kali ini, kriging digunakan untuk mengestimasi sebaran andesit yang ada di daerah Kali Songgo, Kulun Progo menggunakan data resistivitas pengukuran lintasan geolistrik. Hasil dari analisis geostatistik menggunakan metode kriging dapat memberikan informasi jarak penyebaran dan volume andesit. Selain itu dapat menjadi referensi rencana pengeboran selanjutnya.

Published
2018-11-26
How to Cite
sidiq, hidayatullah, Santoso, A. B. and Prastowo, R. (2018) “PENERAPAN METODE KRIGING PADA PEMODELAN ANDESIT MENGGUNAKAN DATA GEOLISTRIK DAERAH GUNUNG KALI SONGGO KULON PROGO YOGYAKARTA”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/995 (Accessed: 19April2024).