Model Konseptual Struktur Basement Sebagai Pengontrol Potensi Hidrokarbon di Cekungan Kendeng

  • ardian novianto UPN "Veteran" Yogyakarta
  • Sutanto Sutanto UPN "Veteran" Yogyakarta
  • Suharsono Suharsono UPN "Veteran" Yogyakarta
  • Carolous Prasetyadi UPN "Veteran" Yogyakarta

Abstract

Cekungan Kendeng dikenal sebagai cekungan yang dalam dan ditandai oleh anomali Bouguer Gravity negative besar yang menunjukkan basement yang sangat dalam serta diisi oleh sedimen dengan tebal kurang lebih 8 km-11km. Kondisi basement di Cekungan Kendeng menjadi permasalahan utama. Pola struktur yang berkembang pada basement belum dapat dipastikan karena tebalnya sedimen yang menutupinya. Basement di Cekungan ini diperkirakan memiliki sifat transisional antara tipe komplek akresi dan kontinental sedangkan pola struktur basement akibat dari collision di Cekungan ini masih menjadi pertanyaan apakah sama dengan pola umum di Jawa atau ada pola lain sehingga mengontrol pembentukan Cekungan Kendeng. Kondisi tersebut menyebabkan Cekungan kendeng mempunyai kompleksitas yang tinggi dalam eksplorasi hidrokarbon. Namun Kemunculan rembesan minyak di beberapa tempat menjadi daya tarik untuk ekplorasi di cekungan ini.

Paper ini bertujuan untuk membuat model konseptual struktur basement di Cekungan Kendeng berdasarkan dari data-data sekunder berupa gravity, seismik yang berhubungan dengan cekungan kendeng, dan pengukuran Magnetik. Hasil penelitian ini berupa model struktur geologi yang menggambarkan kondisi Cekungan Kendeng sebagai cekungan migas yang selanjutnya dapat digunakan sebagai kontrol dalam interpretasi hasil pengukuran geofisika yang akan dilakukan selanjutnya.

Author Biographies

ardian novianto, UPN "Veteran" Yogyakarta
Teknik Geologi
Sutanto Sutanto, UPN "Veteran" Yogyakarta
Teknik Geologi
Suharsono Suharsono, UPN "Veteran" Yogyakarta
Teknik Geofisika
Carolous Prasetyadi, UPN "Veteran" Yogyakarta
Teknik Geologi
Published
2018-11-26
How to Cite
novianto, ardian, Sutanto, S., Suharsono, S. and Prasetyadi, C. (2018) “Model Konseptual Struktur Basement Sebagai Pengontrol Potensi Hidrokarbon di Cekungan Kendeng”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/999 (Accessed: 26April2024).