Pengaruh Penggantian Roller Racing Terhadap Kinerja Sepeda Motor Yamaha Soul GT 110
Abstrak
Penelitian tentang pengaruh penggunaan variasi roller standar dan Roller Racing pada sistem penggerak motor bakar dilakukan untuk melihat perbedaan dalam performa mesin, termasuk daya, torsi, konsumsi bahan bakar, dan kecepatan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Roller Racing memiliki daya dan torsi yang sedikit lebih tinggi dibandingkan Roller Standar, namun konsumsi bahan bakar dan kecepatan tidak jauh berbeda. Sehingga, penggantian roller standar dengan roller racing tidak memberikan pengaruh signifikan pada kendaraan tersebut. Hasil pengujian ini menunjukan Daya tertinggi Roller Standar yaitu pada RPM 8051 sebesar 6,8 HP, sedangkan Roller Racing yaitu pada RPM 4981 sebesar 7.8 HP. Torsi tertinggi Roller Standar yaitu pada RPM 2723 sebesar 16,82 NM, sedangkan Torsi tertinggi Roller Racing yaitu pada RPM 2273 sebesar 12,56 NM. Rata-rata konsumsi bahan bakar Roller Standar yaitu sebesar 0,777 L/Jam sedangkan Roller Racing sebesar 0,787 L/Jam. Kecepatan Rata-rata Roller Standar yaitu sebesar 98,72 KM/H, sedangkan Roller Racing sebesar 91,66 KM/H.
Referensi
[2] Basyirun, Winarno, & Karnowo (2008). Buku Ajar Mesi Konversi Energi. Semarang : Universitas Negeri Semarang
[3] Luthfi Reza Eri Kurniawan, Ranto, Ngatou Rohman (2022). Pengaruh Penggunaan Variasi Berat Roller Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor Matic 110 CC, Pendidikan Teknik Mesin, FKIP, Surakarta : Universitas Sebelas Maret Surakarta.
[4] Setiyawan, Bagus Budi dan Diah Wulandari (2016). Pengaruh Pemakaian Variasi Pemberat (Roller) Terhadap Perfomance Mesin Motor Honda Scopy tahun 2011. Skripsi. Pendidikan Teknik Mesin : UNESA.
[5] Salam, Rudi (2016). Pengaruh Penggunaan Variasi Berat Roller Pada Sistem CVT (Continuosly Variable Transmission) Terhadap Performa Sepeda Motor Honda Beat 110cc tahun 2009. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin. 1-6.
[6] Putra, Deno Revian, Hasan Maksum & Dwi Sudarno Putra (2018). Pengaruh Perbandingan Penggunaan Roller Racing dan Roller Standard Terhadap Daya dan Torsi pada Motor Matic. Automotive Engineering Education Journal 1(2) : 1-8
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)