ANALISIS DAYA TAMPUNG JALAN DAN MANAJEMEN LALU LINTAS

Studi Kasus Jalan Pakem – Turi, Kab. Sleman, Yogyakarta

  • Muhammad Dani Prayoga INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL YOGYAKARTA
  • Ircham Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Veronica Diana Anis Anggorowati Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Abstract

Abstrak

Ukuran kinerja jalan dan kualitas lalu lintas dapat dilihat dari tingkat pelayanannya. Parameter tingkat pelayanan menurut  Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 2014 meliputi arus total, kapasitas, dan derajat kejenuhan. Tingkat pelayanan ruas jalan Pakem - Turi total dua arah, dapat dilakukan dengan analisis terhadap hasil pengukuran volume lalu lintas dilapangan dan dari data yang terkait. Penelitian ruas jalan ini didasarkan pada perhitungan jalan dua lajur dua arah tak terbagi (2/2 TT).

Berdasarkan analisis volume arus lalu lintas total dua arahpada ruas jalan tersebut dengan metode PKJI 2014, pada ruas jalan Pakem – Turi nilai arus total mencapai 2469 skr/jam, nilai kapasitas  mencapai 2668 skr/jam dengan kecepatan maksimum 30 km/jam, sehingga diperoleh nilai derajat kejenuhan yaitu 0,92. Prediksi pada 5 tahun mendatang didapat arus total mencapai 4549 skr/jam dengan kapasitas ruas jalan yang tetap yaitu 2668 skr/jam dengan nilai derajat kejenuhan mencapai 1,7.

Tingkat pelayanan ruas jalan ini tergolong kedalam kelas E dimana kondisi operasional arusnya tidak stabil dan kecepatan terkadang terhenti. Ruas jalan ini telah mengalami penurunan tingkat pelayanan jalan sehingga mempengaruhi kapasitas jalan tersebut.  Oleh karena itu perlu dilakukan penanganan terhadap ruas jalan Pakem – Turi ini.

 

Kata Kunci: Jalan, Jalan Perkotaan, Kinerja, Tingkat Pelayanan, Kemacetan

 

Published
2020-07-19
Section
Articles