ANALISIS DAYA TAMPUNG JALAN DAN MANAJEMEN LALU LINTAS
Studi Kasus Jalan Pakem – Turi, Kab. Sleman, Yogyakarta
Abstrak
Abstrak
Ukuran kinerja jalan dan kualitas lalu lintas dapat dilihat dari tingkat pelayanannya. Parameter tingkat pelayanan menurut Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 2014 meliputi arus total, kapasitas, dan derajat kejenuhan. Tingkat pelayanan ruas jalan Pakem - Turi total dua arah, dapat dilakukan dengan analisis terhadap hasil pengukuran volume lalu lintas dilapangan dan dari data yang terkait. Penelitian ruas jalan ini didasarkan pada perhitungan jalan dua lajur dua arah tak terbagi (2/2 TT).
Berdasarkan analisis volume arus lalu lintas total dua arahpada ruas jalan tersebut dengan metode PKJI 2014, pada ruas jalan Pakem – Turi nilai arus total mencapai 2469 skr/jam, nilai kapasitas mencapai 2668 skr/jam dengan kecepatan maksimum 30 km/jam, sehingga diperoleh nilai derajat kejenuhan yaitu 0,92. Prediksi pada 5 tahun mendatang didapat arus total mencapai 4549 skr/jam dengan kapasitas ruas jalan yang tetap yaitu 2668 skr/jam dengan nilai derajat kejenuhan mencapai 1,7.
Tingkat pelayanan ruas jalan ini tergolong kedalam kelas E dimana kondisi operasional arusnya tidak stabil dan kecepatan terkadang terhenti. Ruas jalan ini telah mengalami penurunan tingkat pelayanan jalan sehingga mempengaruhi kapasitas jalan tersebut. Oleh karena itu perlu dilakukan penanganan terhadap ruas jalan Pakem – Turi ini.
Kata Kunci: Jalan, Jalan Perkotaan, Kinerja, Tingkat Pelayanan, Kemacetan
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)