EVALUASI KAPASITAS PARKIR RUMAH SAKIT (Studi Kasus Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi selatan)
Abstract
Parkir merupakan tempat khusus bagi kendaraan untuk berhenti. Perparkiran merupakan masalah yang sering dijumpai di kota besar maupun kota yang sedang berkembang. Ada beberapah rumah sakit di Indonesia yang sering mengalami masalah dalam perparkiran, termasuk Rumah Sakit Elim Rantepao dimana sering terjadi kemacetan di depan rumah sakit karena banyak kendaraan yang parkir di badan jalan dan angkutan umum yang berhenti menaik turunkan penumpang sehingga menghambat lalu lintas. Adapun Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan ruang parkir di Rumah Sakit Elim Rantepao dan menentukan pola parkir yang sesuai digunakan di Rumah Sakit Elim Rantepao.
Metode deskriptif kuantitatif yaitu suatu bentuk penelitian yang berdasarkan data yang dikumpulkan selama penelitian secara sistematis mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat dari obyek yang diteliti, kemudian dianalisis dan diinterpretasikan. Penelitian ini dilakukan dengan survei langsung ke lapangan untuk mendapatkan data kendaraan dengan menggunakan 3 metode untuk pengumpulan data, yaitu : metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis deskriptif kualitatif dengan memperhatikan hasil survei lapangan mengenai karakteristik parkir.
Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa ruang parkir kendaraan roda dua sudah memenuhi dan kebutuhan parkir roda empat belum memenuhi dengan SRP yang tersedia 36 dan kebutuhan SRP 66, sehingga SRP yang dibutuhkan 30 untuk memenuhi kebutuhan parkir di Rumah Sakit Elim Ranteopao. Hasil analisis karakteristik parkir didapatkan akumulasi maksimum kendaraan roda terjadi pada hari Senin sebanyak 138 kendaraan pada pukul 11:00-12:00 dan akumulasi maksimum kendaraan roda empat terjadi pada hari Senin sebanyak 36 kendaraan terjadi pada pukul 11:00-12:00, rata-rata durasi parkir kendaraan lebih dari 1 jam,. Menurut anilisis dapat diambil kesimpulan pola parkir untuk kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat yang sesuai digunakan adalah pola parkir menyudut 900.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)