ALTERNATIF DESAIN STRUKTUR ATAS JEMBATAN PASEBAN II DI KABUPATEN JEMBER MENGGUNAKAN TIPE PARKER TRUSS

  • Rudy Ermawan Sumpeno ITNY
  • Lilis Zulaicha ITNY
  • Retnowati Setioningsih ITNY

Abstract

Pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) yang berada di Jawa Timur memiliki panjang total 684km yang membentang dari Kabupaten Tulungagung sampai dengan Kabupaten Banyuwangi. Jembatan Psaeban II merupakan jembatan yang dibangun sebagai sarana penghubung Jalur Lintas Selatan Pulau Jawa yang terletak di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pada Tugas Akhir ini merencanakan ulang Jembatan Paseban II dengan rangka baja tipe parker truss sebagai alternatif desain jembatan baru yang sudah dibangun. Jembatan Parker Truss direncanakan dengan bentang total 82,80 m terbagi menjadi 2 segmen masing-masing 41,4m.

Dalam perencanaan ulang Jembatan Paseban II ini dimulai dengan pengumpulan data sekunder yang berupa gambar eksisting jembatan, pembuatan gambar rencana jembatan, perencanaan dimensi dan perhitungan pembebanan yang mengacu pada SNI 1725-2016, perhitungan perencanaan jembatan yang mengacu pada RSNI-T-03-2005. Perencanaan struktur atas jembatan meliputi perencanaan pelat lantai, tiang sandaran, gelagar memanjnag, gelagar melintang, ikatan angin, dan gelagar induk dengan analisis pembebanan dengan program bantu SAP2000.

Hasil perencanaan yang telah dilakukan diperoleh ketebalan pelat lantai 20mm, dengan mutu beton fc’ 30 MPa dan tulangan lentur negatif D16-200 serta tulangan lentur positif D16-200. Gelagar memanjang digunakan profil IWF 500x300x11x18 dengan jarak 1,75m, sedangkan gelagar melintang digunakan profil IWF1000x400x16x28 dengan jarak 4,6m. Gelagar induk digunakan profil WF400x400x20x35

Published
2022-02-25