EVALUASI PENERAPAN SISTEM SATU ARAH DI RUAS JALAN MATARAM YOGYAKARTA DENGAN METODE PKJI 2014
Abstract
Meningkatnya mobilitas masyarakat perkotaan yang mengakibatkan sarana dan prasarana yang disediakan oleh pemerintah kinerjanya sudah mencapai jenuhnya salah satunya yaitu di ruas jalan Mataram, Kota Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja jalan mataram kondisi eksisting kemudian dibandingkan dengan data sekunder yaitu kondisi arus lalu lintas sebelum penerapan sistem satu arah.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, pengambilan data dilakukan melalui survei lalulintas
Hasil Analisis ruas jalan Mataram setelah penerapan sistem satu arah didapat volume tertinggi dengan arus lalu lintas (Q) = 1364,95 Skr/Jam, kapasitas (C) = 1641,87 Skr/Jam, kecepatan Tempuh (Vs) = 36,807 Km/Jam, kecepatan arus bebas (VB) = 56,362 km/Jam, derajat Kejenuhan (DJ) = 0,83, Tingkat Pelayanan = D. Kemudian dibanding kan dengan kinerja ruas jalan sebelum penerapan sistem satu arah dengan arus lalu lintas (Q) = 2235,25 Skr/Jam, kapasitas (C) = 2473 Skr/Jam, kecepatan Tempuh (Vs) = 26,115 Km/Jam, kecepatan arus bebas (VB) = 35,473 km/Jam, derajat Kejenuhan (DJ) = 0,9, Tingkat Pelayanan = E.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)