STUDI PENGARUH KETINGGIAN MATA PENGEMUDI TERHADAP LENGKUNG VERTIKAL (JALAN BARON KM.14 – KM.18)
Abstrak
Baron merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta yang memiliki daya tarik tersendiri dalam bidang pariwisata. Kondisi jalan raya berkarakter daerah perbukitan yang memiliki tanjakan dan turunan yang sangat curam, dan sangat berpengaruh terhadap ketinggian mata pengemudi yang bisa mengakibatkan kecelakaan. Kenyataan ini menimbulkan masalah baru di bidang transportasi jalan.
Maka sangat diperlukan adanya evaluasi kembali. Salah satu evaluasi yang dilakukan berupa studi pengaruh ketinggian mata pengemudi terhadap lengkung vertikal jalan raya. Acuan yang digunakan yaitu, Peraturan Perencanaan Geometrik Jalan Raya, Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan, dan Perencanaan Teknik Jalan Raya Data diperoleh dari suvei lapangan dan Kantor PU setempat, DPU Bina Marga dan Badan Pusat Statistik.
Dari survei di lapangan dan analisis data, diperoleh bahwa panjang L untuk mobil sedan pada jarak pandang henti = 72,61 meter, jarak pandang mendahului = 279,244 meter, drainase = 160 meter, kenyamanan pengemudi = 41,66 meter, dan keluwesan bentuk = 30 meter. Panjang L mobil bus besar pada jarak pandang henti = 52,9 meter, jarak pandang mendahului = 216,56 meter, drainase = 160 meter, kenyamanan pengemudi = 25 meter, dan keluwesan bentuk = 24 meter. Panjang L mobil truck pada jarak pandang henti = 35,02 meter, jarak pandang mendahului = 159,84 meter, drainase = 160 meter, kenyamanan pengemudi = 41,66 meter, dan keluwesan bentuk = 18 meter.
Kata kunci : Jalan raya, Jarak pandang, dan alinyemen vertikal.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)