ANALISIS STRUKTUR ATAS GEDUNG TEACHING INDUSTRY LEARNING CENTER (TILC) UGM YOGYAKARTA MENGGUNAKAN SNI 2847 TAHUN 2019
Abstrak
Gedung Teaching Industry Learning Center (TILC) Sekolah Vokasi UGM merupakan fasilitas untuk mengimplementasikan "Teaching Industry" dan perwujudan konsep "Link & Match" terdiri dari 9 lantai dan atap yang dibangun pada November 2019 ini masih menggunakan SNI 2847-2013. Penelitian ini bertujuan menganalisis kekuatan struktur gedung TILC menggunakan SNI 2847-2019 dengan cara membandingkan struktur eksisting dengan struktur hasil analisis. Tahapan analisis yang dilakukan pada gedung TILC UGM Yogyakarta meliputi perhitungan pembebanan yang terdiri dari beban mati, beban hidup dan beban gempa. Peraturan-peraturan yang digunakan adalah SNI 1726-2019, SNI 2847-2019, PPIUG 1983 dan SKBI - 1.3.53.1987 UDC : 624.042. Analisis pembebanan tidak mengubah dimensi maupun denah eksisting. Hasil analisis pembebanan kemudian dianalisis menggunakan software SAP 2000 versi 14.0.0 sehingga dihasilkan gaya aksial, gaya geser dan momen. Hasil output SAP kemudian dianalisis penulangannya berdasarkan SNI 2847-2019. Selanjutnya hasil analisis penulangan tersebut dibandingkan dengan kondisi penulangan eksisting. Hasil analisis elemen-elemen struktur yang didesain berdasarkan SNI 2019 dinyatakan aman karena momen rencana (Mn), gaya geser rencana (Vn) dan gaya aksial rencana (Pn) lebih besar dari momen perlu, gaya geser perlu dan gaya aksial perlu (Pu). Sedangkan jumlah tulangan dan jarak sengkang pada balok dan kolom mengalami perubahan yang cukup signifikan meskipun dimensi dan diameternya sama
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)