Analisa Perilaku Pengendara Terhadap Potensi Kecelakaan Lalu Lintas Menggunakan Software Smart PLS

STUDI KASUS KECAMATAN DEPOK

  • Firmansyah Syamsuddin Ahmad ITNY
  • Veronica Diana Anis. A
  • Herna Puji Astutik

Abstract

Permasalahan kecelakaan lalu lintas yang akhir-akhir ini sering terjadi dan banyak menimbulkan kerugian bahkan sampai dapat menimbulkan korban jiwa. Oleh karena itu permasalahan lalu lintas ini masih sangat di perhatikan agar dapat mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas. Adapun tujuan dari penelitian ini sendiri yaitu mengendetifikasi perilaku pengendara terhadap potensi kecelakaan lalu lintas dengan menggunakan Software Smart PLS, mengetahui pengaruh masing-masing indicator yang ada dalam permasalahan penelitian ini, mengetahui Tingkat pemahaman pengendara terhadap peraturan lalu lintas, mengetahui besarnya pengaruh variable X terhadap potensi kecelakaan lalu lintas (Y).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan cara pengambilan data kuesiner dan pengelolahan data. Penelitian kuantitatif deskriptif sendiri digunakan untuk menggambarkan, menjelaskan atau merigkaskan berbagai kondisi, situasi, fenomena, maupun berbagai variable penelitian menurut kejadian sebagaimana adanya yang dapat dipotret, diwawancara, diobservasi serta yang dapat digunakan.

Hasil pengolahan data serta analisis yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa 73,5% perilaku seorang pengendara berpengaruh besar terhadap potensi kecelakaan lalu lintas. Dan dikrtahui juga bahwa dari ketigav variabel yang digunakan yaitu pengetahuan, sikap disiplin dan kecepatan. Variabel sikap displin mempunyai pengaruh lebih tinggi terhadap kecelakaan, selanjutnya yaitu variabel kecepatan dan terakhir variabel pengetahuan.

Published
2024-08-21
How to Cite
Syamsuddin Ahmad, F., Diana Anis. A, V., & Astutik, H. P. (2024). Analisa Perilaku Pengendara Terhadap Potensi Kecelakaan Lalu Lintas Menggunakan Software Smart PLS. 5TH CEEDRIMS 2024, 5(2), 244-250. Retrieved from //journal.itny.ac.id/index.php/CEEDRIMS/article/view/4996