Desain Frekuensi Kontrol pada Hibrid Wind-Diesel dengan PID – Diferensial Evolusi

  • D Dapis Mahasiswa Program Pasca Sarjana, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Abstract

 

Abstrak

Paper ini membahas desain kontrol frekuensi beban pada hibrid wind-diesel menggunakan Metode

Cerdas untuk mencari nilai optimum Proporsional Intergral Derivatif (PID) mengunakan program

Matlab/Simulink. Dalam penerapannya sistem wind-diesel dikontrol dengan kontroler PID, namun dalam penyetelan  nilai  gain  dari PID  masih  dalam  metode  trial-error  saja,  sehingga  sulit untuk mendapatkan nilai optimum dari PID. Fungsi transfer dari diagram turbin angin dan diesel digunakan untuk pemodelan wind-diesel. Respon sistem menggunakan Simulink/ Matlab dibandingkan dengan sistem tak terkontrol dan dengan metode PID-Trial Error. Hasil pengujian menunjukkan besar overshoot dan respon keadaan mantap (Settling Time) pada sistem terkontrol PID-Diferensial Evolusi (DEVO) menjadi berkurang dan lebih cepat.

 

Kata Kunci: wind-diesel, PID, diferensial evolusi, frekuensi, overshoot, settling.

Author Biography

D Dapis, Mahasiswa Program Pasca Sarjana, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Mahasiswa Program Pasca Sarjana, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

References

Permana. DA, Wibawa. U, Utomo. T, “Studi

Analisis Pembangkit Listrik Hybrid (Dieselangin) Di Pulau Karimun Jawa”. Universitas Brawijaya, 2013

DP. Sari, R. Nazir, “Optimalisasi Desain Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid Diesel Generator-Photovoltaic Array Menggunakan Homer”, Jurnal Nasional Teknik Elektro, Vol: 4, No. 1, Maret 2015.

Cuk Supriyadi A.N, Hashiguchi T, Goda T and Tumiran, “Control Scheme of Hybrid Wind-Diesel Power Generation System’. Technical Requirements and Spin Off Products, April 2011.

Bhatti TS, Al-Ademi AAF, Bansal NK. Load frequency control of isolated wind diesel hybrid power systems. Energy Conv and Manag; 39(9), 829-837.

Bhatti TS, Al-Ademi AAF, Bansal NK. “Dynamics and control of isolated wind- diesel power systems”. Int J Energy Res

; 19, 729-740.

Tomas,P. “Modelling of Wind Turbines for

Power System Studies”. 2003.

Published
2017-01-16
How to Cite
Dapis, D. (2017) “Desain Frekuensi Kontrol pada Hibrid Wind-Diesel dengan PID – Diferensial Evolusi”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/331 (Accessed: 19April2024).