Desain Frekuensi Kontrol pada Hibrid Wind-Diesel dengan PID – Diferensial Evolusi

  • D Dapis Mahasiswa Program Pasca Sarjana, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Abstrak

 

Abstrak

Paper ini membahas desain kontrol frekuensi beban pada hibrid wind-diesel menggunakan Metode

Cerdas untuk mencari nilai optimum Proporsional Intergral Derivatif (PID) mengunakan program

Matlab/Simulink. Dalam penerapannya sistem wind-diesel dikontrol dengan kontroler PID, namun dalam penyetelan  nilai  gain  dari PID  masih  dalam  metode  trial-error  saja,  sehingga  sulit untuk mendapatkan nilai optimum dari PID. Fungsi transfer dari diagram turbin angin dan diesel digunakan untuk pemodelan wind-diesel. Respon sistem menggunakan Simulink/ Matlab dibandingkan dengan sistem tak terkontrol dan dengan metode PID-Trial Error. Hasil pengujian menunjukkan besar overshoot dan respon keadaan mantap (Settling Time) pada sistem terkontrol PID-Diferensial Evolusi (DEVO) menjadi berkurang dan lebih cepat.

 

Kata Kunci: wind-diesel, PID, diferensial evolusi, frekuensi, overshoot, settling.

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Mahasiswa Program Pasca Sarjana, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Referensi

Permana. DA, Wibawa. U, Utomo. T, “Studi

Analisis Pembangkit Listrik Hybrid (Dieselangin) Di Pulau Karimun Jawaâ€. Universitas Brawijaya, 2013

DP. Sari, R. Nazir, “Optimalisasi Desain Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid Diesel Generator-Photovoltaic Array Menggunakan Homerâ€, Jurnal Nasional Teknik Elektro, Vol: 4, No. 1, Maret 2015.

Cuk Supriyadi A.N, Hashiguchi T, Goda T and Tumiran, “Control Scheme of Hybrid Wind-Diesel Power Generation System’. Technical Requirements and Spin Off Products, April 2011.

Bhatti TS, Al-Ademi AAF, Bansal NK. Load frequency control of isolated wind diesel hybrid power systems. Energy Conv and Manag; 39(9), 829-837.

Bhatti TS, Al-Ademi AAF, Bansal NK. “Dynamics and control of isolated wind- diesel power systemsâ€. Int J Energy Res

; 19, 729-740.

Tomas,P. “Modelling of Wind Turbines for

Power System Studiesâ€. 2003.

Diterbitkan
2017-01-16