The Optimasi Fleet Management System Modular Untuk Mengurangi Waktu Tidak Produktif Sebagai Efisiensi Bahan Bakar Pc 4000 Pada Penambangan Batubara

  • Chrissensia Yunita Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Hidayatullah Sidiq Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Bayurohman Pangacella Putra Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
Keywords: Big Fleet, Fleet Management System, Hanging Time, Match Factor, Fuel Ratio

Abstract

Waktu tidak produktif merupakan suatu waktu yang terjadi tetapi tidak di harapkan ketika pada kegiatan operasional berlangsung yang berdampak akan menurunkan produktivitas maupun produksi dan mengakibatkan pemborosan bahan bakar terutama pada big fleet yang menjadi prioritas karena kapasitas dan penggunaan bahan bakar yang cukup besar, ketika big fleet yang tidak termanajemen dengan baik maka akan menyebabkan loss fuel dan produksi maupun perduktivitas tidak maksimal pada pengupasan overburden, fuel cost merupakan unit cost terbesar didalam operational penambangan, sehingga diperlukan perhatian khusus terhadap pemakakaian fuel dalam aktifitas penambangan salah satu  dengan penggunaan fleet management system yang sudah memiliki tingkat perincian data yang tinggi dari setiap pergerakaan alat yang ada dilapangan. Permasalahan yang masih terjadi saat ini masih tinggi nya waktu tidak produktif yang membuat mesin menyala dalam keadaan tidak berproduksi, hal tersebut menyebabkan pemborosan konsumsi bahan bakar. Berdasarkan data-data yang ada waktu tidak produktif yang paling besar adalah hanging time dimana rata-rata setiap ritasi hanging time adalah 0,61 menit/ritasi atau setara 16% dari total hoursmeter yang berarti juga terdapat 16% bahan bakar terbuang. dalam penurunan ini harus berdasarkan ketercapaian alat dengan memasukan parameter hanging time disetiap ritasinya dalam menghitung produktivitas, match factor dan jumlah truck yang digunakan. perusahaaan memiliki target produktivitas yang berbeda beda di setiap material. fuel ratio hasil perhitungan bahan bakar dan produksi aktual yaitu 0,25 liter/jam, dalam mengurangi fuel ratio 0,25 liter/jam agar mendekati standar 0,20 yaitu dilakukan rekomendasi hanging maksimal setiap material, yang dilanjutkan perbaikan setting fleet dalam mencapai match factor mendekati 1. setelah dilakukan rekomedasi hanging time maksimal/material pada setiap fleet dan optimasi perbaikan setting fleet, produktivitas material blasting rata-rata mencapai 1.505 BCM/Jam, material non blasting rata-rata mencapai 1.007 BCM/Jam, dan material redsitub rata-rata mencapai 1.152 BCM/Jam. Maka peningkatan match factor hasil optimasi meningkat menjadi 0,96 dari aktual 0,76 dan rata-rata fuel ratio setelah dilakukan optimasi meningkat menjadi 0,21 liter/jam dari aktual 0,25 liter/jam. sehingga utilisasi alat yang dimiliki dan penggunaan fleet management system lebih maksimal.

References

[1] Riyandi I, Wibowo B. Optimalisasi Penggunaan Alat Berat Dengan Menggunakan Unlock System-Fleet
Management System (Fms) Dispatch Modular Study Case PT Bukit Makmur Mandiri Utama Job Site Lati.
Pros Tpt Xxix Perhapi 2020 . 2020;(December):145-154.
[2] PT.BUKIT MAKMUR MANDIRI UTAMA (BUMA). fleet management system allows the world ’ s best
mines to maximize production and and control . Fleet Management System Management System — MODULE
DESCRIPTION DISPATCH 6 Fleet Management System.
[3] PT BUKIT MAKMUR MANDIRI UTAMA (BUMA). OPTIMALISASI DISPATCH ® DENGAN
UNLOCK SYSTEM. Published online 2013.
[4] Andi Tenrisukki Tenriajeng. Diktat-Pemindahan-Tanah-Mekanis. Published online 2003:1.
[5] Gusprastomo N, Febrianto A. Prosiding tpt xxxi perhapi 2022 perbaikan berkesinambungan. Published online
2022:229-244.
[6] Indonesianto IY. Pemindahan Tanah Mekanis.; 2020
Published
2023-11-11
How to Cite
Yunita, C., Sidiq, H. and Bayurohman Pangacella Putra (2023) “The Optimasi Fleet Management System Modular Untuk Mengurangi Waktu Tidak Produktif Sebagai Efisiensi Bahan Bakar Pc 4000 Pada Penambangan Batubara”, ReTII, 18(1), pp. 317-326. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/4301 (Accessed: 10May2024).