Rancang Bangun Sistem e-Commerce Berbasis Web-GIS (Gheographic Information System) untuk Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah

  • Al Maryanto Universitas Negeri Yogyakarta
  • Dadan Rosana

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk mendeseminasikan hasil pemberdayaan pemuda karangtaruna dalam rancang bangun sistem e-commerce melalui pemanfaatan akses informasi multimedia jaringan pita lebar indonesia berbasis Web-GIS (Gheografic Information System) dalam upaya meningkatkan daya saing Usaha Kecil Menengah (UKM), khususnya dalam pemasaran on-line. Metode kegiatan dilakukan dengan membangun jaringan kerja dalam bentuk kelompok produksi usaha kecil dan membuka akses pemasaran dan memberikan pelatihan pada karang taruna tentang rancang bangun sistem e-commerce melalui pemanfaatan akses informasi multimedia  sekaligus sebagai sarana promosi. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah; (1) meningkatnya  keterampilan mahasiswa sebagai sasaran antara yang strategis  dalam rancang bangun sistem e-commerce melalui pemanfaatan akses informasi multimedia, (2) UKM dan karangtaruna memahami pentingnya facebook, funpage dan website sebagai sarana promosi dan penjualan produk dengan didamping oleh mahasiswa, (3) UKM dan Mahasiwa dapat memanfatkan  website sebagai sarana komunikasi yang kredibel, dapat dipercaya oleh pembeli dan dibuat oleh penjual, (4) mulai berkembangnya pola pemberdayaan kolaboratif melalui pendampingan dalam transfer keterampilan, modal dan akses pemasaran yang lebih luas. Metode yang digunakan dalam pemberdayaan didasarkan pada kelayakan usaha, ketersediaan produk, nilai ekonomi produk, ketersediaan SDM pengelola, teknologi, aspek financial dan dampak sosialnya

 

Kata kunci:  sistem e-commerce, jaringan pita lebar Indonesia, Web-GIS, UKM

References

Ade, Kemal, dan Sularto, Lana. (2001). Introduction To E-Commerce. Lembaga Pengembangan Komputerisasi Universitas Gunadarma : Jakarta.

Abdul Kadir. (2003). Pengantar Sistem Informasi. Andi Yogyakarta : Yogyakarta.

Almilia, S.L, .(2009). Penerapan E-Commerce sebagai upaya Peningkatan Persaingan Bisnis. Jurnal, STIE Perbanas. Surabaya.

Al bahra bin Ladjamudin. (200). Analisis dan desain sistem informasi. Yogyakarta : Graha Ilmu

Browne, Steve. (1996). Internet Lewat Mosaic dan World Wide Web. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Fahrudi. (2012).Pembangunan Aplikasi E –Commerce Berbasis Web. Andi Yogyakarta

Ginting, E. (2013). Aplikasi Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Menggunakan Joomla Pada Mutiara Fashion. Universitas Widyatama.Bandung Wahana.(2006). Apa dan Bagaimana E-Commerce.Yogyakarta:Andi Publisher.

Mohammed Chawki (2010). Computer Crime Research Center, “The Digital Evidence in the Information Era”, diakses pada tanggal 5 Februari 2010/ pukul 14.00 WIB.

http://www.scribd.com/doc/2382708/. (2010) Penggunaan Bukti Elektronik Dalam Pembuktian/diakses pada tanggal 5Februari 2010/ Pukul 14.25.

Ester Dwi Maghfirah. (2010) Perlindungan Konsumen Dalam E-Commerce. Solusi.hukum.com.29 Januari pukul 12.30 WIB.

http://zanikhan.multiply.com/journal/item/1498, 17 Januari 2010/11.00 WIB.Pengantar Teknologi Informasi, http:// balisite.com/Pengembangan Internet di Dikmenjur.htm/27 Desember 009/pukul. 12.20 WIB.

http://www. Ebisinionline. Com/ kejahatan internet; spamming.mht/19 januari 2010 /14.10 WIB

http://www. Chrounicles of inhed.com/ kejahatan komputer.mht/ 19 januari 2010/ 14.25 WIB

http://www.missingids.com/missingkids/servlet/PageServelt/PageId=1504, 20 January 2010/10.30 WIB

http:/ E-Comerce/Blog Asnawi, ST. Peluang Bisnis E-Commerce FKC.htm http:/ E-Comerce/ruang-lingkup-electronic-commerce.html

http:/ E-Comerce/peluang e-commerce - Uncategorized - - doni.htm

Published
2017-03-07
How to Cite
Maryanto, A. and Rosana, D. (2017) “Rancang Bangun Sistem e-Commerce Berbasis Web-GIS (Gheographic Information System) untuk Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/445 (Accessed: 19July2024).