Rancang Bangun Sistem e-Commerce Berbasis Web-GIS (Gheographic Information System) untuk Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah
Abstrak
Tujuan dari penulisan artikel hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk mendeseminasikan hasil pemberdayaan pemuda karangtaruna dalam rancang bangun sistem e-commerce melalui pemanfaatan akses informasi multimedia jaringan pita lebar indonesia berbasis Web-GIS (Gheografic Information System) dalam upaya meningkatkan daya saing Usaha Kecil Menengah (UKM), khususnya dalam pemasaran on-line. Metode kegiatan dilakukan dengan membangun jaringan kerja dalam bentuk kelompok produksi usaha kecil dan membuka akses pemasaran dan memberikan pelatihan pada karang taruna tentang rancang bangun sistem e-commerce melalui pemanfaatan akses informasi multimedia  sekaligus sebagai sarana promosi. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah; (1) meningkatnya keterampilan mahasiswa sebagai sasaran antara yang strategis dalam rancang bangun sistem e-commerce melalui pemanfaatan akses informasi multimedia, (2) UKM dan karangtaruna memahami pentingnya facebook, funpage dan website sebagai sarana promosi dan penjualan produk dengan didamping oleh mahasiswa, (3) UKM dan Mahasiwa dapat memanfatkan website sebagai sarana komunikasi yang kredibel, dapat dipercaya oleh pembeli dan dibuat oleh penjual, (4) mulai berkembangnya pola pemberdayaan kolaboratif melalui pendampingan dalam transfer keterampilan, modal dan akses pemasaran yang lebih luas. Metode yang digunakan dalam pemberdayaan didasarkan pada kelayakan usaha, ketersediaan produk, nilai ekonomi produk, ketersediaan SDM pengelola, teknologi, aspek financial dan dampak sosialnya
Â
Kata kunci: Â sistem e-commerce, jaringan pita lebar Indonesia, Web-GIS, UKM
Referensi
Ade, Kemal, dan Sularto, Lana. (2001). Introduction To E-Commerce. Lembaga Pengembangan Komputerisasi Universitas Gunadarma : Jakarta.
Abdul Kadir. (2003). Pengantar Sistem Informasi. Andi Yogyakarta : Yogyakarta.
Almilia, S.L, .(2009). Penerapan E-Commerce sebagai upaya Peningkatan Persaingan Bisnis. Jurnal, STIE Perbanas. Surabaya.
Al bahra bin Ladjamudin. (200). Analisis dan desain sistem informasi. Yogyakarta : Graha Ilmu
Browne, Steve. (1996). Internet Lewat Mosaic dan World Wide Web. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Fahrudi. (2012).Pembangunan Aplikasi E –Commerce Berbasis Web. Andi Yogyakarta
Ginting, E. (2013). Aplikasi Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Menggunakan Joomla Pada Mutiara Fashion. Universitas Widyatama.Bandung Wahana.(2006). Apa dan Bagaimana E-Commerce.Yogyakarta:Andi Publisher.
Mohammed Chawki (2010). Computer Crime Research Center, “The Digital Evidence in the Information Eraâ€, diakses pada tanggal 5 Februari 2010/ pukul 14.00 WIB.
http://www.scribd.com/doc/2382708/. (2010) Penggunaan Bukti Elektronik Dalam Pembuktian/diakses pada tanggal 5Februari 2010/ Pukul 14.25.
Ester Dwi Maghfirah. (2010) Perlindungan Konsumen Dalam E-Commerce. Solusi.hukum.com.29 Januari pukul 12.30 WIB.
http://zanikhan.multiply.com/journal/item/1498, 17 Januari 2010/11.00 WIB.Pengantar Teknologi Informasi, http:// balisite.com/Pengembangan Internet di Dikmenjur.htm/27 Desember 009/pukul. 12.20 WIB.
http://www. Ebisinionline. Com/ kejahatan internet; spamming.mht/19 januari 2010 /14.10 WIB
http://www. Chrounicles of inhed.com/ kejahatan komputer.mht/ 19 januari 2010/ 14.25 WIB
http://www.missingids.com/missingkids/servlet/PageServelt/PageId=1504, 20 January 2010/10.30 WIB
http:/ E-Comerce/Blog Asnawi, ST. Peluang Bisnis E-Commerce FKC.htm http:/ E-Comerce/ruang-lingkup-electronic-commerce.html
http:/ E-Comerce/peluang e-commerce - Uncategorized - - doni.htm
Prosiding ini memberikan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara gratis untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan diunduh semua orang.