Aplikasi Pertempuran 10 November 1945 berbasis Android

  • Andreas Handojo Program Studi Teknik Informatika, Universitas Kristen Petra
  • Resmana Lim Program Studi Teknik Elektro, Universitas Kristen Petra
  • Albert Halim Program Studi Teknik Informatika, Universitas Kristen Petra
  • Viky Radja Program Studi Teknik Informatika, Universitas Kristen Petra
  • Aldi Renaldi Program Studi Teknik Informatika, Universitas Kristen Petra

Abstract

Pemanfaatan teknologi mobile device seperti pada smartphone ataupun tablet-pc telah merambah ke berbagai bidang. Mulai dari dunia hiburan, pendidikan, bisnis, kesehatan, life-style, dan tidak ketinggalan pada bidang wisata. Konvergensi teknologi komputasi, multimedia, dan komunikasi data berbasis telepon seluler ini telah mengubah banyak gaya hidup manusia termasuk dalam mengakses informasi. Penelitian yang dilakukan berusaha mengembangkan sebuah aplikasi untuk mengeksplorasi sejarah pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Aplikasi ini diharapkan pengguna dapat belajar seputar sejarah kepahlawanan Surabaya dalam bentuk yang menarik dengan menggabungkan antara text, picture, sound, dan fasilitas google map; sehingga, dapat memberikan pemahaman yang menarik seputar sejarah peristiwa pertempuran 10 November 1945. Aplikasi dibuat pada mobile device berbasis Android yang dapat dijalankan pada smartphone dan pc-tablet sehingga mudah dijalankan oleh khalayak umum terutama generasi muda untuk memahami sejarah pertempuran Surabaya dengan media yang menarik. Dari pengujian, aplikasi telah mampu melakukan fungsi seperti yang telah direncanakan sebelumnya. Sedangkan, pengujian dengan menggunakan sampling kuestioner kepada pengguna didapatkan bahwa aplikasi menarik minat dari pengguna, sebesar 80%. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibuat cukup memenuhi target awal penelitian.

References

Akbar, T. (2012), Implementation of Augmented Reality Using GPS-Based Tracking In Bandung Tour Guide Application Development Platform Based Android, Digital Repository UNIKOM.

Alwi, D. (2012), Battle of Surabaya November 1945, PT. Bhuana Ilmu Populer.

Ariwibowo, B. (2009). Battle of Surabaya 10 November 1945. http://umum.kompasiana.com/2009/11/23/pertempuran-surabaya-10-november-1945-28773.html. Diakses [19 Januari 2014]

Bungsu, Aghil Boy. (2011), Designing Visual Comic Hero Series Captain Pattimura As Alternative Media Read For Children Primary School Age, Digital Repository UPN Veteran Jatim

Busana, A. (2012), Tourism Navigation System in East Java on Android Smartphone, Digital Repository STIKOM.

Handojo, A., Assianto L., A., Noertjahyana, A., (2013). Android-Based Online Test Applications and Websites for Teaching and Learning. Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi (ReTII).

Handojo, A., Andjarwirawan, J., Wonodihardjo, J.. (2013). Class Attendance Application using Near Field Communication (NFC) on Android. Conference on Information Technology Computer and Electronic Engineering.

Kenteris, M., Gavalas, D., & Economou, D. (2009). An Innovative Mobile Electronic Tourist Guide Application. Personal and Ubiquitous Computing. Vol. 13.

Purwono, N. (2006), Mana Soerabaia Koe Mengais Butiran Mutiara Masa Lalu, Pustaka Eureka.

Safaat, N. (2012). Application Programming Mobile Smartphone and Android-Based Tablet PC. Bandung: Penerbit Informatika

Scherp, A., & Boll, S. (2004). Generic support for personalized mobile multimedia tourist applications. Proceedings of the 12th annual ACM International Conference

Sebastian. (2012), Designing Encyclopedia Publication of 30 Heroes, Struggle for Indonesian Independence, Digital Repository Universitas Bina Nusantara

Shodiq, Amri. (2009). Tutorial Dasar Pemograman Google Maps API. http://www.scribd.com/doc/16846801/Tutorial-Dasar-Pemrograman-Google-Maps-API. Diakses [20 Januari 2014]

Published
2015-12-04
How to Cite
Handojo, A., Lim, R., Halim, A., Radja, V. and Renaldi, A. (2015) “Aplikasi Pertempuran 10 November 1945 berbasis Android”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/86 (Accessed: 26December2024).