Aplikasi Pertempuran 10 November 1945 berbasis Android
Abstrak
Pemanfaatan teknologi mobile device seperti pada smartphone ataupun tablet-pc telah merambah ke berbagai bidang. Mulai dari dunia hiburan, pendidikan, bisnis, kesehatan, life-style, dan tidak ketinggalan pada bidang wisata. Konvergensi teknologi komputasi, multimedia, dan komunikasi data berbasis telepon seluler ini telah mengubah banyak gaya hidup manusia termasuk dalam mengakses informasi. Penelitian yang dilakukan berusaha mengembangkan sebuah aplikasi untuk mengeksplorasi sejarah pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Aplikasi ini diharapkan pengguna dapat belajar seputar sejarah kepahlawanan Surabaya dalam bentuk yang menarik dengan menggabungkan antara text, picture, sound, dan fasilitas google map; sehingga, dapat memberikan pemahaman yang menarik seputar sejarah peristiwa pertempuran 10 November 1945. Aplikasi dibuat pada mobile device berbasis Android yang dapat dijalankan pada smartphone dan pc-tablet sehingga mudah dijalankan oleh khalayak umum terutama generasi muda untuk memahami sejarah pertempuran Surabaya dengan media yang menarik. Dari pengujian, aplikasi telah mampu melakukan fungsi seperti yang telah direncanakan sebelumnya. Sedangkan, pengujian dengan menggunakan sampling kuestioner kepada pengguna didapatkan bahwa aplikasi menarik minat dari pengguna, sebesar 80%. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibuat cukup memenuhi target awal penelitian.
Referensi
Akbar, T. (2012), Implementation of Augmented Reality Using GPS-Based Tracking In Bandung Tour Guide Application Development Platform Based Android, Digital Repository UNIKOM.
Alwi, D. (2012), Battle of Surabaya November 1945, PT. Bhuana Ilmu Populer.
Ariwibowo, B. (2009). Battle of Surabaya 10 November 1945. http://umum.kompasiana.com/2009/11/23/pertempuran-surabaya-10-november-1945-28773.html. Diakses [19 Januari 2014]
Bungsu, Aghil Boy. (2011), Designing Visual Comic Hero Series Captain Pattimura As Alternative Media Read For Children Primary School Age, Digital Repository UPN Veteran Jatim
Busana, A. (2012), Tourism Navigation System in East Java on Android Smartphone, Digital Repository STIKOM.
Handojo, A., Assianto L., A., Noertjahyana, A., (2013). Android-Based Online Test Applications and Websites for Teaching and Learning. Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi (ReTII).
Handojo, A., Andjarwirawan, J., Wonodihardjo, J.. (2013). Class Attendance Application using Near Field Communication (NFC) on Android. Conference on Information Technology Computer and Electronic Engineering.
Kenteris, M., Gavalas, D., & Economou, D. (2009). An Innovative Mobile Electronic Tourist Guide Application. Personal and Ubiquitous Computing. Vol. 13.
Purwono, N. (2006), Mana Soerabaia Koe Mengais Butiran Mutiara Masa Lalu, Pustaka Eureka.
Safaat, N. (2012). Application Programming Mobile Smartphone and Android-Based Tablet PC. Bandung: Penerbit Informatika
Scherp, A., & Boll, S. (2004). Generic support for personalized mobile multimedia tourist applications. Proceedings of the 12th annual ACM International Conference
Sebastian. (2012), Designing Encyclopedia Publication of 30 Heroes, Struggle for Indonesian Independence, Digital Repository Universitas Bina Nusantara
Shodiq, Amri. (2009). Tutorial Dasar Pemograman Google Maps API. http://www.scribd.com/doc/16846801/Tutorial-Dasar-Pemrograman-Google-Maps-API. Diakses [20 Januari 2014]
Prosiding ini memberikan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara gratis untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan diunduh semua orang.